A New Born Nation, Kesaksian Orang Belanda Ketika Rapat Besar Ikada

A New Born Nation, Kesaksian Orang Belanda Ketika Rapat Besar IkadaTRAVESIA.CO.ID – “Saat saya mengetik surat ini dengan mesin ketik tua di dalam kamp, ​​suasana sedang berubah. Saya membaca surat selebaran dari pemerintah Jepang yang menyatakan bahwa semua rapat-rapat, pawai-pawai dan lain sebagainya dilarang, dan barang siapa membawa senjata akan ditangkap! Pada saat yang sama, sedang lewat di dekat kamp kami rombongan manusia yang berjalan beriring tak putus. Hampir semuanya membawa senjata tombak dan golok. Mereka orang Indonesia yang baru saja pulang dari Lapangan Gambir, bahkan banyak menaiki truk hingga kuda. Mereka mengadakan pawai bak’ karnaval dengan membawa bendera-bendera Merah Putih”H.J. Split. Wakil Presiden Dewan Hindia atau Raad Van Indië.

Raad Van Indië merupakan organisasi pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang tugasya memberi masukan pada Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Spit menyaksikan ribuan orang di Batavia berbondong bondong dengan menggunakan semua kendaraan yang ada bahkan jalan kaki menuju lapangan Ikada hari itu tanggal 19 September 1945. Saat membuat laporan di atas yang ia tujukan pada Gubernur Jenderal Van Mook di Australia, Split adalah tawanan di Kamp Interniran Cideng, ia menyaksikan sendiri bagaimana orang orang kampung di seputar Jakarta tanpa takut ancaman tentara Jepang menghadiri rapat di lapangan Gambir. Sore itu tanggal 19 September 1945, Split dengan sadar merasa arah dunia sudah berubah! Indonesia bukan lagi wilayah jajahan mereka. Indonesia adalah negara Baru!

Sekelumit pengalaman H.J. Split di Kamp Cideng saat peristiwa Rapat IKADA berlangsung.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "A New Born Nation, Kesaksian Orang Belanda Ketika Rapat Besar Ikada"