Perang Selebaran Dengan Jepang

No comment 38 views

Perang Selebaran Dengan JepangTRAVESIA.CO.ID – Adzan Isya baru saja selesai terdengar di Masjid dengan kampung di sekitar Senen, malam mulai merayap pekat! Lampu lampu jalan yang biasanya menyala dimatikan oleh pemerintah militer Jepang, hanya lampu lampu minyak yang terlihat dari rumah rumah kampung di sekitar stasiun itu. Dalam gelap terlihat rombongan orang yang berjalan dengan terburu buru namun langkah mereka pasti dan mantap! Arah mereka jelas ke jalan utama di sekitar jalan Kramat.

Salah satu orang yang menjadi pemimpin rombongan itu tiba tiba berhenti, lalu ia menoleh ke tembok. “Sial tuh Jepang, buat kabar menakutin orang! Aaghhh! Ganti ini sama kita punya pengumuman!” Seraya tangannya mengambil serta merobek sesuatu yang menempel ditembok itu. Ya itu adalah selebaran yang dibuat Gunseikenbu atau pemeritahan daerah Jakarta bentukan Jepang, selebaran pihak Jepang jelas melarang segala bentuk pawai, kumpul kumpul dan orasi, jika melanggar akan ditahan pihak Kenpetai atau Polisi Militer AD Jepang.

Setelah selebaran Jepang itu dirobek lalu “anak buah” nya cepat cepat mengganti selebaran itu dengan selebaran yang mereka buat. Ya mereka para pemuda kampung di seputar Jakarta yang sedang menyiapkan RAPAT RAKSASA di lapangan Gambir beberapa hari ke depan. Saling robek dan ganti selebaran antara pihak Jepang dan pemuda marak seminggu sebelum rapat raksasa di lapangan Ikada dalam istilah wartawan Adam Malik itu adalah “Perang Selebaran”.

Sumber buku Samudra Merah Putih

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Perang Selebaran Dengan Jepang"