Rekonstruksi Sejarah Rapat Raksasa Ikada Di Jakarta

Rekonstruksi Sejarah Rapat Raksasa Ikada Di JakartaTRAVESIA.CO.ID – Buat sebagaian masyarakat Jakarta yang urban dan majemuk mungkin momen bersejarah ini tak ada artinya. Hanya orang orang tertentu saja yang mungkin ngeh’ betapa penting rapat yang diprakasai anak anak muda ketika itu! Momen di mana anak anak muda ingin bangsa mereka yang baru merdeka 1 bulan dilihat oleh dunia! Bagaimana anak anak muda Jakarta “harus” dengan terpaksa MEMBOHONGI Bung Karno dan Bung Hatta! Bagaimana anak anak muda itu menjadi “IO” dari sebuah hajat besar walau belum punya pengalaman sama sekali!

Tapi acara itu sukses! Dan asing mencatat luar biasa rapat ini. “A New Nation has ben Born!” Begitu catatan mereka. Bukan Proklamasi yang dianggap sebagai perlambang “aku” nya negara ini tapi berkumpulnya masa ratusan ribu orang yang tiba tiba dilihat memiliki “pemimpin & pemerintah” yang selama ini dianggap muskil bagi orang Belanda. Satu lagi yang unik saat para pengunjung pameran photo melihat photo photo kejadian 73 tahun silam.

“Orang kita hebat ya, rapi! Dulu mereka sudah pakai sepatu!” Ya orang pribumi seputar Jakarta ketika itu memang sangat “bersiap” karena yang akan mereka tonton adalah “Soekarno!” Buat mereka Soekarno itu magnet! Apapun yang diucapkan dia akan menarik! Entah apa pun isinya apalagi menyangkut kata Merdeka! Kata yang baru bagi mereka! Berpantaslah mereka dengan pakaian yang terbaik juga sepatu! Jadi tidak heran jika dalam photo rapat Raksasa Ikada rata rata semua memakai sepatu. Hanya karena Soekarno yang pidato! Bukan yang lain! Maka sangat aneh buat saya saat ini jika anak sekarang jika bicara rapat raksasa ikada banyak bertanya, “Mana Tan Malaka?”

Tan Malaka bahkan oleh Syahrir pernah “ditantang” jika ia memiliki 10% saja kharisma seperti Bung Karno di Jawa maka Syahrir akan ikut kemana Tan bergerak! Tapi Tan Malaka tahu ia bahkan tak punya 1% saja gairah Soekarno! Tan hanya salah satu inisiator dari adanya masa rakyat yang berkumpul! Tapi bukan dia satu satunya yang punya ide yang disebut bung Karno “Edan” ini. Semua tokoh pemuda dari berbagai kalangan mempunyai inisiatif yang sama saat itu!

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Rekonstruksi Sejarah Rapat Raksasa Ikada Di Jakarta"