Oto Iskandar Dinata, Si Jalak Harupat Penggagas Salam Nasional Merdeka

oleh -15 views
Oto Iskandar Dinata, Si Jalak Harupat Penggagas Salam Nasional Merdeka

Oto Iskandar Dinata, Si Jalak Harupat Penggagas Salam Nasional MerdekaTRAVESIA.CO.ID – Sangat sering kita dengar, dan kata ini adalah yang paling bisa menggugah semangat patriotisme terutama saat bulan Agustus yakni “MERDEKA!”. Tapi ada yang tahu siapa “orang” yang pertama kali meneriakan kata ini untuk pertama kali? Otto Iskandar Dinata lah orangnya. Si Jalak Harupat lah yang meneriakan “Indonesia Merdeka” ini kisahnya.

Ketika pada hari senin tanggal 20 Agustus 1945, kami datang di kantor Jawa Hookookai di gedung Mahkamah Agung yang sekarang, di tangga gedung tersebut kami berpapasan dengan seorang tokoh, yang bertubuh tinggi besar, dengan suara menggeledak, “Indonesia Merdeka!”, memekakkan kata-kata itu, dengan mengangkat tangan kanannya!

Beliau ialah Pak Oto Iskandar Dinata, tokoh Jawa Barat. Beliaulah yang pertama kali menganjurkan dan sekaligus menggunakan pekik nasional “Indonesia Merdeka”. Oleh karena pekik tersebut dirasa terlalu panjang, maka kemudian oleh beberapa teman dianjurkan untuk disingkat menjadi satu patah kata saja, yaitu : “Merdeka’. Dalam pimpinan Barisan Pelopor Pusat, Pak Otto Iskandar Dinata duduk sebagai Sanyo (Penasehat).

Seperti dituturkan BM. Diah dalam wawancara dengan Kompas

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.