Matalih Sang Pengawal Kyai Haji Noer Alie

No comment 31 views

Matalih Sang Pengawal Kyai Haji Noer AlieTRAVESIA.CO.ID – Saya kenal beliau dari tahun 2013, saat itu kong masih kuat merokok, suara beliau masih keras bahkan masih kuat puasa dan jalan kaki ke mushola. Alhamdulillah saya sempat perkenalkan engkong sebagai pejuang yang tinggal dipinggir Jakarta. Beliau ga dapat pensiun karna satu dan lain hal tapi yang pasti dia ga pernah meminta agar perjuangannya di akui.

Saat itu pernah saya bantu buat engkong ini alat bantu dengar karena pendengarannya sudah susah, yang telinga sebelah kanan karena pecahan mortir sedang yang telinga kiri karena usia. Tapi hanya kong pake selama 2 hari.

“Pusing gw ben, apa apa kedengaran semua, enakan gini dah sepi” kata engkong ke saya walau saya ketawa denger alasannya tapi ya saya iyakan saja maunya. Tahun 2016 saya undang beliau ke reka ulang pertempuran Sasak Kapuk di Masjid At taqwa Ujungmalang. Oh bangganya dia saat saya hampiri dan saya cium tangan tuanya.

“Besok besok kalo ada acara gini lagi gw di undang ya ben” kata orang yang pernah jalan kaki dari Jogja ke Bekasi ini dalam rangka mengawal Kyai Haji Noer Alie. Saat melihat dia sakit. Sedih banget rasanya. Orang yang dulu pernah menerima peluru musuh di badannya saat perang.

“Ini ben peluru tembus dari depan ke belakang punggung gw” sambil dia tunjukkin dimana bekas luka tembak itu juga luka di telinga karena pecahan mortir Inggris. Engkong yang pernah 4 hari 4 malam ga makan hanya agar tak terkena tembakan mortir Belanda ini hanya punya satu keinginan.

“Gw mau mati dan di kubur dikampung gw ben…” Cuma itu pinta pejuang laskar Hisbullah pimpinan Kyai Haji Noer Alie yang masih ada ini. Semoga diberi kesehatan ya kong.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Matalih Sang Pengawal Kyai Haji Noer Alie"