Soedirman, Satu-Satunya Pemimpin Militer Di Dunia Yang Dipilih Secara Demokratis

oleh -70 views
Soedirman, Satu-Satunya Pemimpin Militer Di Dunia Yang Dipilih Secara Demokratis

Soedirman, Satu-Satunya Pemimpin Militer Di Dunia Yang Dipilih Secara DemokratisTRAVESIA.CO.ID – “Sebaiknya sidang ini diskor selama beberapa waktu untuk sedapatnya para anggota konprensi yang hadir berfumafakat”. Semua terhenyak, hening dan melihat ke arah laki laki kurus yang mengeluarkan usul tersebut.

Suasana yang awalnya Tegan, gaduh dengan tingkat emosi yang masih tinggi karena usia rata rata mereka masih muda dan senjata di tangan! Bisa dibayangkan tegangnya. Seorang laki laki ramping berdiri dan memberi usul tersebut. Para komandan rata-rata jarang mengenal laki laki kurus ini. Dialah Kolonel Soedirman.

Usul tersebut diterima semua peserta Konprensi Pertama TKR 12 November 1945 di Jogjakarta. Ketika rapat dimulai lagi, pimpinan rapat dipegang oleh Holland Iskandar. Pemilihan berjalan secara terbuka, demokratis dan pada papan tulis dicantumkan nama-nama calon di antaranya;

  1. Sri Sultan Hamenkubuwono IX
  2. Widjoyo
  3. GPH Purbonegoro
  4. Oerip Soemohardjo
  5. Soedirman
  6. Suryadarma
  7. Pardi
  8. Nazir

Pemilihan dilakukan secara demokratis dengan cara mengangkat tangan satu persatu setelah nama calon disebutkan panitia rapat. Dalam pemilihan tahap terakhir diketahui perolehan suara, yakni : Soedirman memperoleh 22 suara dan Oerip Soemohardjo memperoleh 21 suara.

Dalam pemilihan itu, Soedirman mendapat tambahan suara dari Sumatra. Seorang utusan dari Sumatra Kolonel Muhammad Noeh yang mewakili 6 Divisi menyatakan mendapat mandat dari para komandan divisi di Sumatra untuk menjatuhkan pilihan pada Soedirman.

Dengan demikian Soedirman terpilih sebagai calon Panglima TKR yang selanjutnya kemudian disebut dengan Panglima Besar Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI). Sedangkan Oerip Soemohardjo tetap menjadi Kepala Staf Umum, dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX diusulkan menjadi Menteri Pertahanan.

Sumber: Dinas Sejarah AD

Beny Rusmawa

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.