Kartini Memberi Beasiswanya Kepada Mashudul Haq (Agus Salim Muda)

Kartini Memberi Beasiswanya Kepada Mashudul Haq (Agus Salim Muda)

Kartini Memberi Beasiswanya Kepada Mashudul Haq (Agus Salim Muda)

TRAVESIA.CO.ID – Mungkin nama Mashudul Haq jarang ada yang kenal tapi jika saya sebut Agus Salim mungkin lebih kenal. Agus adalah nama pemberian dari sang pangasuh Mashudul Haq yang orang jawa dan di jawa anak majikan laki laki biasa disebut den bagus atau disingkat Gus dan lama kelamaan menjadi Agus.

Tahun 1903 Agus Salim muda adalah lulusan dengan nilai terbaik dari 3 HBS (Hoger Burgelijke School) dari tiga HBS di Hindia Belanda ketika itu. Saat berusia 19 tahun, namanya sudah disebut-sebut sebagai anak muda pintar. Kecerdasannya membuat Raden Ajeng Kartini tertarik melimpahkan beasiswa yang didapatnya pada pemuda Agus Salim dengan mengirim surat pada istri Tuan Abendanon.

“Kami tertarik sekali kepada seorang anak muda. Kami ingin melihat dia dikarunia bahagia. Anak muda itu namanya Salim. Agus Salim, dalam tahun ini, mengikuti ujian penghabisan sekolah menengah HBS dan ia keluar sebagai juara. Juara pertama dari ketiga-tiga HBS!” Tulis Kartini dalam sepucuk surat kepada Ny. Abendanon, 24 Juli 1903, termuat dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang.

“Anak muda itu ingin sekali pergi ke Negeri Belanda untuk belajar menjadi dokter. Sayang sekali, keadaan keuangannya tidak memungkinkan,” sambung Kartini.

Lulusan terbaik (HBS) 1903 itu bukan tak berusaha. Pernah mengajukan beasiswa namun ditolak. Kelak saat “agama dan keyakinan” Raden Ajeng Kartini dipertanyakan banyak orang, Haji Agus Salim lah yang “membela” perempuan pintar asal Jepara itu”.

Oleh Beny Rusmawan 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Kartini Memberi Beasiswanya Kepada Mashudul Haq (Agus Salim Muda)"