Buya HAMKA Tidak Dendam kepada Soekarno

No comment 91 views
Buya HAMKA Tidak Dendam kepada Soekarno

Buya HAMKA Tidak Dendam kepada Soekarno

TRAVESIA.CO.ID – Pagi itu datang utusan dari Departemen Agama dikawal Sekertaris Pribadi Presiden Soeharto yakni Mayor Jenderal Suryo ke rumah Buya Hamka.

” Soekarno sudah wafat, namun dia belum disholatkan, almarhum berpesan pada keluarganya bahwa jika meninggal, tolong panggilkan Buya menjadi iman sholat saya.”

Tanpa banyak bertanya Buya Hamka yang pagi itu sudah rapi Bergegas berangkat.

Sejarah mencatat walau telah di ” BUI” oleh Soekarno, Buya Hamka tetap menjadi Imam sholat jenazah sang mantan Presiden itu, bukan tanpa tentang hal itu dilakukan Buya Hamka. Banyak teman-teman ulamanya yang mengingatkan bagaimana sakit hatinya dipenjara tanpa salah.

Namun Buya membalikkan semua tantangan itu dengan mengatakan….

” Engga bisa kita mengatakan Soekarno itu munafik! Yang tahu orang itu munafik atau engga hanya Allah!”

Jawab Hamka atas tentangan teman-temannya karena menjadi imam sholat jenasah Presiden yang memenjarakannya.

“Saya mendengar ketika dia ( Soekarno red) mau wafat, tetap dia membaca 2 kalimat syahadat ” lanjut Buya Hamka lagi menjawab semua tuduhan atas diri Soekarno.

” dan satu lagi, siapa yang bisa mendirikan masjid di Istana? Soekarno. Siapa yang berani membongkar benteng Roterdam dan mendirikan masjid di depan gereja peninggalan Penjajah? Soekarno ”

Di penjara rezim Soekarno selama 2 tahun dengan tuduhan mendalangi makar dan pembunuhan atas diri presiden Soekarno tidak membuat Buya Hamka dendam.

Sumber Majalah Historia

Oleh Beny Rusmawan

Leave a reply "Buya HAMKA Tidak Dendam kepada Soekarno"