Soekarno Didemo Karena Menikahi Hartini

oleh -31 views
Soekarno Didemo Karena Menikahi Hartini
Soekarno Didemo Karena Menikahi Hartini
Soekarno Didemo Karena Menikahi Hartini
Soekarno Didemo Karena Menikahi Hartini

TRAVESIA.CO.ID – Pernikahan Si Boeng dengan Hartini, janda cantik ini dilangsungkan sederhana dan diam-diam di Istana Cipinas namun akhirnya bocor juga ke publik.

Pada akhirnya menimbulkan gelombang protes luar biasa, Perwari (sebuah organisasi wanita paling besar di jamannya) melakukan demonstrasi besar-besaran menolak aksi poligami Bung Karno. Bahkan aksi Perwari dan beberapa kelompok pendukungnya seperti kaum intelektual, jurnalis (terutama Muchtar Lubis dan Rosihan Anwar) serta politisi-politisi menyatakan ketidaksukaannya terhadap ulah Bung Karno menikahi janda cantik itu.

Saat gelombang protes terjadi di depan Istana si Boeng melihat sembari magsul dan berkata pada para menteri dan ajudannya. “Kalau demonstrasi ini dilakukan untuk menentang kebijaksanaan negara, aku dapat segera mengambil tindakan, tapi demonstrasi ini ditujukan pada pribadiku. Karena itu aku tak berbuat apa-apa,” sambungnya, dicuplik dari Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Cindy Adams.

Masa itu banyak orang-orang bertanya-tanya, kenapa Bung Karno kawin lagi? “Alasannya sederhana saja. Alasan pokok yang telah berlangsung sejak zaman dahulu dan akan tetap berlangsung terus setelah aku tidak ada lagi,” tuturnya. Apa itu? “Aku bertemu dengannya. Aku jatuh cinta kepadanya. Dan begitulah yang terjadi. Tidak lebih dari itu,” demikian kata Bung Karno.

Satu hal yang lagi-lagi kita dapat petik dari sejarah adalah Si Boeng saat itu sudah memilah bagaimana bersikap demo yang menyerang pribadinya dengan demo yang “menyerang” kebijakan nya sebagai pemimpin.

oleh Beny Rusmawan 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.