Dullah, Pelukis Kesayangan Soekarno

No comment 49 views
Dullah, Pelukis Kesayangan Soekarno

Dullah, Pelukis Kesayangan Soekarno

TRAVESIA.CO.ID – 1 Januari 1996 Dullah, salah satu pelukis kesayangan Bung Karno meninggal dunia. Dullah pernah begitu di “angon” Bung Karno karena keahlian melukis dan memperbaiki lukisan yang rusak. Namun karena sama sama seniman dengan Bung Karno, Dullah sering berdebat mengenai sebuah karya lukisan.

Anak anak Bu Fatmawati semua akrab dengan Dullah bahkan kadang Dullah yang menjaga mereka jika bermain. Mengenai debat dengan Bung Karno tentang sebuah lukisan ada kisah lucu yang pernah dialami Bung Karno. Pernah Bung Karno memerintahkan agar melukis pemandangan seperti di satu daerah yang diingat si Bung.

Awalnya Dullah mengerjakan dengan sungguh sungguh, lukisan sudah separuh jalan tiba tiba bung Karno melongok kerja Dullah. Mulailah presiden kita yang juga pelukis ini mengkritik kerja Dullah, si pelukis awalnya diam dan manggut-manggut namun saat dirasa lama lama Bung Karno terlalu “cerewet” tiba tiba tanpa diduga siapa pun termasuk Bung Karno. ” Ya udah bapak saja yang melukis kalo begitu, saya pamit pulang pak!…permisi! ”

Dullah menaruh kuas yang sedang dipegangnya lalu balik badan dan pulang! Bung Karno hanya termangu dan kaget. Seminggu lamanya Dullah tak muncul ke Istana, sudah beberapa pengawal disuruh panggil Dullah ke rumahnya namun si pelukis ini pergi tanpa pamit jawab keluarga Dullah.

Baru saat bu Fatmawati mengirim ajudan dan meminta Dullah datang, pelukis itu datang ke Istana dan disambut gelak tawa bung Karno yang meminta maaf serta bilang bahwa itu hanya sekedar saran saja. Hahahahaha baru Dullah yang berani ngambek ama Bung Karno.

Dalam photo terlihat bung Karno sedang mengawasi Dullah membuat sketsa…

Oleh Beny Rusmawan 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Dullah, Pelukis Kesayangan Soekarno"