Soro’i, Supir Istana Soekarno

No comment 73 views
Soro'i, Supir Istana Soekarno, Tanda X

Soro’i, Supir Istana Soekarno, (Tanda X)

TRAVESIA.CO.ID – Salah satu kisah konyol Mas Tok panggilan Goentoer Soekarno Poetra adalah saat mulai SD belajar nyetir dengan Mobil bung karno tentu Yang ajari itu Soro’i, supir istana. Biasanya Soro’i mencuci Mobil setelah sore nah Mas Tok awalnya hanya liat liat Soro’i kerja, sampai suatu saat, “Mas, mau belajar stir?” tanya Soro’i pada putra barep bung karno ini.

“ah nanti bapak marah Kang…” tukas mas Tok, tapi matanya berbinar.

“Aagh bapak kan kalo jumat di Bogor, senen baru pulang. Ayo dah sini pegang stir”.

Bujukan pak Soro’i di sambar oleh mas Tok yang sebenarnya memang sudah lama ingin bisa nyetir mobil. Awalnya hanya di halaman belakang istana Merdeka lalu mulai keliling istana dan tiap akhir minggu “kursus” mobil ini berlangsung.

Namun Mas Tok kena apes saat ia memutar di halaman istana, mobilnya menabrak pot kembang di samping istana. Walau panik Soro’i dan Mas Tok membereskan pot yang pecah tadi dan berharap Bung Karno tak mengetahui kejadian itu, dan saat Bung Karno kembali ke Jakarta memang beliau tak menanyakan ada pot yg kurang. Aman.

Waktu berlalu sampai Hari Raya Lebaran tiba dan tradisi di lingkungan istana adalah bersalam salaman semua pegawai istana dengan Bung Karno. Saat tiba waktu Soro’i menjabat tangan sang Presiden.

” Mun diajar setir di jalan moal di pelataran istana, pot kembang rusak anjeun teu ngomong nya,” Soro’i terkesiap! Kaget karena bung karno tahu pot pecah walau ia tersenyum di hadapan bung karno, tapi dalam hatinya Soro’i menggerutu.

Saat salaman dengan Mas Tok Ro’i berbisik. ” Sial mas. Babeh tahu. Ni ada yang lapor ini”, sedang Mas Tok hanya senyum kecut sembari melirik bapaknya. Hahahaha Bung Karno itu orang yang hapal seluk beluk istana makanya saat ada pot yang hilang ia tahu ada yang tak beres.

Sumber buku Bung Karno Bapak, Kawan dan Guruku

Oleh Beny Rusmawan 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Soro’i, Supir Istana Soekarno"