Husein Sastranegara, Gugur Saat Uji Coba Pesawat

No comment 106 views
R. Husein Sastranegara, Gugur Saat Uji Coba Pesawat

R. Husein Sastranenegara

TRAVESIA.CO.ID – Tepat hari ini 20 Januari 1946, Raden Husein Sastranegara lahir di Cianjur, Jawa Barat pada 20 Januari 1919. Menurut catatan sejarah, dilihat dari latar belakang keluarga, Husein Sastranegara adalah keturunan ningrat Priangan dan golongan menengah bumiputera. Ayah Husein, Rd. Demang Ishak Sastranegara adalah seorang Pangreh Peraja (Demang) zaman Belanda dan pernah menjabat sebagai wedana Ujung Berung, pejabat bupati di Tasikmalaya selama 17 bulan dan patih Tasikmalaya.

Husein termasuk orang “edan” untuk urusan uji coba pesawa. Bolak balik ia pernah menerbangkan berbagai “rongsokan” seperti Curen, Cukiu dan pembom Hayabusha Diponegoro-1. Padahal teknisi pesawatnya saja ragu karena melihat kondisi pesawat.

Tapi Mayor ini santai saja menerbangkannya. Pada akhir September 1946 Husein mendapatkan tugas melakukan test flight (uji terbang) pesawat Cukiu di atas kota Yogyakarta. Untuk keperluan negara, pesawat rongsokan rencananya akan digunakan untuk mengangkut Perdana Menteri RI Sutan Syahril menuju Malang sehingga harus dilakukan test flight.

Pesawat Cukiu yang diterbangkan Husein mengalami kerusakan mesin hingga jatuh terbakar di atas Gowongan Lor Yogyakarta sekaligus menewaskan Husein bersama juru teknik Rukidi. Husein gugur sebagai pahlawan dalam usia yang relatif masih muda, yakni 27 tahun dan jasadnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki Yogyakarta. Sebagai penghargaan negara atas jasa Husein, maka ia mendapat sejumlah anugerah tanda jasa dari pemerintah seperti Bintang Garuda, Bintang Satyalencana Perang Kemerdekaan RI, Piagam Presiden/Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI Tahun 1957.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Husein Sastranegara, Gugur Saat Uji Coba Pesawat"