Tumpal Dorianus Pardede, Mengenal Pendiri Pardede Tex

No comment 63 views
Tumpal Dorianus Pardede, Mengenal Pendiri Pardede Tex

Tumpal Dorianus Pardede

TRAVESIA.CO.ID – “Pardede, bisa kau pinjamkan aku uang?“ Gelagapan karena langsung ditodong oleh penguasa negeri. TD Pardede merogoh saku-saku jasnya dan memberikan seribu dollar dari kantongnya. Namun Bung Karno hanya mengambil secukupnya dan mengembalikan sisanya kepada Pardede. Itu sekelumit keakraban si Bung dan Tumpal Dorianus Pardede atau TD Pardede dan beragam julukan “pertama” layak untuk tokoh ini, orang pertama yang berani menulis “made in Indonesia”, orang pertama yang memperkenalkan sepakbola bayaran, pendiri yayasan pertama yang menyediakan sekolah dari sd sampai perguruan tinggi dll.

Banyak yang masih ingat dengan namanya, namun hanya segelintir yang tahu siapa sebenarnya sosok TD. Pardede. Bahkan mereka yang mengaku orang Batak yang lahir, tumbuh, besar, dan tinggal di Sumatra Utara pun bisa tidak tahu. Jika pun tahu, hanya sekilas dan permukaannya saja. Bukankah semua tahu bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawanannya? Bukankah bangsa yang beradab adalah bangsa yang tidak pernah mematikan dan menghilangkan sejarahnya? TD. Pardede bukanlah hanya sekedar seorang pengusaha yang kaya raya, bukan juga hanya sekedar tokoh dalam dunia sepak bola. Berapa banyak yang tahu bahwa beliau pernah menjabat sebagai Menteri Berdikari pada era Soekarno? Bukan hanya satu dua saja medali penghormatan dan penghargaan yang pernah beliau terima. Ada 20! Beliau pernah dipenjara oleh penjajah karena beliaulah yang mampu mensuplai perbekalan bagi tentara Indonesia. Pengekspor udang pertama kali dari Indonesia, pendiri jaringan hotel internasional pertama, pemberani yang menempelkan label “made in Indonesia” pertama untuk produk selimutnya, penerima gelar Honoris Causa pertama dari Jepang, mendirikan perumahan, sekolah, sarana ibadah dan olahraga, rumah sakit gratis semuanya untuk karyawan, dan masih banyak lagi.

DI dunia usaha, namanya mencuat: dari julukan raja tekstil, sampai pengusaha hotel bertaraf internasional. Di bidang olah raga, ia memperkenalkan sepak bola bayaran sebelum orang berpikir tentang Galatama. Di bidang pendidikan, ia mendirikan perguruan tinggi dengan ribuan mahasiswa. Dalam bidang sosial ia membuat rumah sakit. Dalam politik ia pernah menjadi anggota DPR dan menteri – tapi sejak beberapa tahun belakangan lalu ia mengundurkan diri dari gelanggang politik. Tapi harta kekayaannya, yang tahun 1980 saja bernilai Rp 50 milyar, pada ulang tahunnya ke-67, 16 Oktober 1983, ia hibahkan semua. Satu bagian untuk putranya yang berjumlah tiga orang, satu bagian untuk enam putrinya, dan satu bagian lagi untuk yayasan yang ia dirikan bersama para putra-putri dan menantu, termasuk 24 cucunya.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Tumpal Dorianus Pardede, Mengenal Pendiri Pardede Tex"