Hukum Pacung Bagi Kyai Muda Kyai Haji Zaenal Mustofa

No comment 54 views
Hukum Pacung Bagi Kyai Muda Kyai Haji Zaenal Mustofa

Kyai Muda Kyai Haji Zaenal Mustofa

TRAVESIA.CO.ID – Sewaktu beliau ditangkap Kenpetai karena memimpin Pemberontakan di Singaparna, Kyai Haji Hasyim Asy’ari diam saja, padahal sebagai ketua umum Masyumi dan Shumumbhu (kantor urusan Agama), bisa saja Kyai Asal Jombang ini meminta agar Kyai muda asal Singaparna ini dibebaskan. Tapi yang tidak diketahui orang adalah bahwa diam nya Kyai Haji Hasyim Asy’ari justru karena ia setuju tindakan Kyai muda yang saat ditangkap baru berusia 26 tahun itu.

Jika Kyai Haji Hasyim Asy’ari memohon keringanan hukuman agar Kyai Haji Zainal Mustofa tak di Pacung Jepang, maka Kyai Zainal Mustofa harus meminta maaf pada Jepang dan itu tidak mungkin karena bagi kedua ulama ini mereka sudah paham apa itu jihad fi Sabilillah. Nah yang jarang disadari orang Indonesia adalah bila menyebut Pemberontakan pada Jepang pasti menyebut “Supriyadi”.

Padahal pemberontakan terorganisir pertama pada pemerintah militer Jepang itu dilakukan di Tasikmalaya! Supriyadi melakukan Pemberontakan bulan februari 1945 sedang Kyai Haji Zainal Mustofa melakukan Pemberontakan pada bulan Februari 1944! Saat ditangkap tangal 25 Februari 1944, beserta 26 santrinya dijebloskan ke penjara Cipinang lalu tanggal 25 Oktober Kyai Muda ini beserta santri yang terlibat pemberontakan di hukum Pacung di pinggir laut Ancol. Makam beliau sampai tahun 1970 baru diketahui ada di everveld Ancol dan baru tahun 1973 malam beliau dan ke 21 santrinya dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan di Tasikmalaya.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Hukum Pacung Bagi Kyai Muda Kyai Haji Zaenal Mustofa"