Humor Gus Dur: Di Panggil Pake Toa Saja Budek

No comment 7 views
Humor Gus Dur: Di Panggil Pake Toa Saja Budek

Humor Gus Dur

TRAVESIA.CO.ID – Salah satu humor Gus Dur yang paling dikenal adalah leluconnya soal kedekatan Tuhan dengan umat beragama. Ini juga mengandung unsur penertawaan diri terhadap sesuatu yang dianggap sakral tapi sering dipahami secara kaku: agama.

“Orang Hindu merasa paling dekat dengan Tuhan karena mereka memanggilnya ‘Om’. Orang Kristen apalagi, mereka memanggil Tuhannya dengan sebutan ‘Bapak’. Orang Islam? Boro-boro dekat, manggil Tuhannya aja pakai Toa.” Sebenarnya jika ditela’ah kalimat dalam canda ini dalam banget bagi yang berfikir. Inget bagi yang berfikir. Ingat dulu kakek beliau pun di”tuding” kolaborator” Jepang saat Kyai Haji Hasyim Asy’ari memimpin Shumumbhu (kantor urusan Agama) dan bahkan ditinggal umatnya karena mengikuti perintah Jepang agar melipat gandakan hasil bumi apalagi saat setuju para santri Nahdatul Ulama dilatih ala militer oleh Jepang.

Tapi belakangan semua terbukti apa yang ada di pandangan Kyai Haji Hasyim Asy’ari itu malah membantu perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Misalnya melipat gandakan hasil bumi toh hasilnya bisa di pakai saat perang dengan Inggris, atau latihan militer Santri di Cibarusah malah menjadi embrio tentara Indonesia. Nah mungkin dalam pandangan Gus Dur mengenai pakai Toa itu hanya cucu Kyai Haji Hasyim Asy’ari yang tahu dan Allah. Tapi buat saya itu sebenarnya “Satir” buat kita yang ngaku muslim.

Bagaimana tidak satir wong kita dipanggil pake Toa aja kadang budek! Ga berangkat ke masjid atau menghentikan kegiatan kita. Bagaimana ga dipanggil? Sekali lagi ini hanya pandangan saya saja. Silahkan bagi yang berpandangan beda.

sumber tirto.id

Beny Rusmawan

 

Leave a reply "Humor Gus Dur: Di Panggil Pake Toa Saja Budek"