PERISTIWA PDRI DI PADANGPANJANG

2 comments 30 views

Menyerang Pasukan Belanda di Dalam Kota dan Sungai Talang

Ketika Singkarak telah diduduki oleh belanda pada tanggal 20 Desember maka Belanda pun menuju Bukittinggi dengan menduduki Padangpanjang terlebih dahulu pada tanggal 21 Desember 1948. Setelah Padangpanjang diduduki oleh Belanda maka tanggal 4 Mei 1949 diserbu oleh prajurit republik pada 00.00  – 03.00 WIB dari jurusan Guci yang menewaskan 6 orang prajurit Belanda dan 1 orang prajurit dari pihak republik selama 30 menit. Dan pada pukul 4 pagi pasukan republik menyingkir ke Andalas.

Pada waktu yang lain pasukan Belanda juga berhasil diserang di Sungai Talang dan membuat pasukan republik jatuh korban sebanyak 3 orang dan 3 orang rakyat ditembak Belanda serta 5 rumah yang dibakar, 1 buah sekolah dan kantor walinagari di Paninjauan.

Menghadang Belanda di Gunung dan Kototinggi

Masih di bulan Mei, Belanda meluapkan amarahnya karena banyaknya prajurit Belanda yang tewas di Sikaladi maka pasukan Belanda pun menembaki Paninjauan, Padangpanjang, Bawang, Gunung, Guci, Sungai Talang dan untuk itu prajurit republik mengadakan pencehatan musuh di daerah Gunung dngan perusakan jembatan kereta api di Batang Arau di daerah Sikundur Batipuh yang membuat kereta api membawa pasukan Belanda ke Solok akhirnya terguling masuk jurang dan terbakar. Dan bagi prajurit Belanda yang selamat melakukan perlawanan dan meminta bantuan pasukan ke Padangpanjang.

Kedatangan pasukan bantuan dari Padangpanjang dicegat oleh prajurit republik hingga 2 buah truk terguling masuk jurang yang dipimpin oleh Letnan I mansur Wahid Wajil Komandan Batalyon IV/Resimen VI.

Sedangkan di Kototinggi pada bulan yang sama Letnan Jusuf Sirath menghadang belanda sehingga menimbulkan pertempuran sengit yang menewaskan 3 orang prajurit republik dan juga beberapa orang dari pihak Belanda.

Feni Efendi, Payakumbuh, 2017

HP/WA 081267727161

  1. author

    pramugara kata2 months ago

    teringat padang panjang

    Reply
  2. author

    veteran kata2 months ago

    lanjutkan

    Reply

Leave a reply "PERISTIWA PDRI DI PADANGPANJANG"