PDRI: PERJALANAN KOLONEL HIDAYAT

1 comment 44 views

Kolonel Hidayat dari Halaban ke Koto Tinggi

Pada tanggal 23 Desember Kolonel Hidayat meninggalkan Bukittinggi untuk melintasi pulau Sumatera dengan anggotanya menempuh perjalanan ke utara menuju Pasaman lalu membus hutan Kariman melalui Rao dan tiba di Koto Tinggi. Tiba di Koto Tinggi mengadakan rapat dengan Moh. Rasyid agar pemerintahan sipil dijadukan sebagai pemerintahan militer di Sumatera. Sehingga menjadi Pemerintahan Militer yang wakilnya secara otomastis langsung ditunjuk dari Angkatan Militer.

Selain itu Provinsi Sumatera Tengah dipecah menjadi dua provinsi menjadi provinsi Sumatera Barat yang langsung dijabat oleh Gubernur Militer Moh. Rasyid dan wakilnya Letkol. Dahlan Ibrahin dan rovinsi satu lagi adalah Riau dipim oleh R.M. Oetoyo dan wakilnya Letkol Hasan Basri. Setelah mengadakan rapat awal Januari selama tiga hari dengan Moh. Rayid, Kol. Hidayat melanjutkan perjalanan ke Pasir Pangaraian, Riau dan dari sana terus ke Utara menuju Tapanuli untuk menyelesaikan sisa-sisa perang saudara dan sampai di Aceh dengan segera menjalin hubungan dengan Daud Beureh.

Kolonel Hidayat membangun basis pertahanan di utara yaitu di Rao dengan membangun Markas Komandemen Sumatera dengan formasi kekuatan militer yaitu Rao-Lubuk Sikaping dan Palupuh. Setelah menyelesaikan persoalan di Utara, Kol. Hidayat bergerak ke selatan yaitu ke Sumatera Selatan

Di Beureh  Kolonel Hidayat terus melakukan kontak komunikasi dengan pemerintahan PDRI yang ada di Bidar Alam dan basis PDRI di Koto Tinggi.

Kolonel Hidayat di Kotaraja (Banda Aceh)

Di sini Kolonel Hidayat menyambut kedatangan Moh. Hatta bersama Gubernur Militer Aceh T. Daud Beureh yang mencari rombongan PDRI.

Kolonel Hidayat ke Yokyakarta

Pada tangal 13 Juli 1949 ketua PDRI menyerahkan mandat dalam sidang yang dipimpin oleh Perdana Mentri Moh. Hatta yang juga diikuti oleh Jenderal sudirman, Kolonel A.H.Nasution, Kolonel Hidayat dll.

Feni Efendi, Payakumbuh, 2017

HP/WA 081267727161

  1. author

    nani subagio3 months ago

    bagus

    Reply

Leave a reply "PDRI: PERJALANAN KOLONEL HIDAYAT"