Puing-puing Kerajaan Dharmasraya

No comment 159 views
Puing-puing Kerajaan Dharmasraya(1)

Puing-puing Kerajaan Dharmasraya

TRAVESIA – Pada pertengahan tahun 2016, saya cukup beruntung bisa menemui prasasti (candi) Padang Roco di Sungai Langsat, Siguntur, Kec. Sitiung Kab. Dharmasraya Sumatera Barat yang terletak di sisi Batang Hari. Candi terbesar berukuran 21 x 21 meter. Dan saya harus menyeberangi Batang Hari dengan pompom untuk bisa ke sini.

Dari kesepakatan ahli sejarah, lokasi prasasti ini berkemungkinan besar lokasi Kerajaan Dharmasraya yang ditaklukkan oleh Adityawarman. Salah seorang anak raja dari Singasari. Atas jasa-jasanya menaklukan sebuah kerajaan di Bali dan kesultanan di Palembang pada masa Majapahit, ia dihadiahkan memerintah kerajaan di pedalaman Andalas (Sumatera). Ia mengukuhkan dirinya Penguasa Bhumi Melayu di Swarnabhumi (Sumatera) dengan nama Kerajaan Malayapura. Di antara kerajaan tersebut di antaranya Kerajaan Dharmasraya dan beberapa kerajaan lainnya termasuk Minangkabau. Ahli sejarah sepakat bahwa dari sinilah asal mula kerajaan melayu.

Dari tepian Batang Hari, Adityawarman meneruskan pemerintahannya ke pedalaman Sumatera setelah mempersunting Dara Jingga, putri kerajaan Dharmasraya. Ia melewati Batang Sumpur di Sumpur Kudus hingga terus ke Saruaso Batusangkar dan mendirikan Kerajaan Pagaruyung pada 1347 Masehi.

Dari Pagaruyung, raja-raja Minangkabau meneruskan invasi ke kerajaan Kuntu di Padang Sawah Kampar Kiri Riau. Kerajaan Kuntu dipindahkan ke pedalaman Riau dan diberi nama Kerajaan Gunung Sahilan dengan meletakan salah seorang keturunan raja Pagaruyung di sana yang masih kecil .

Pada tahun 1821 Masehi Kerajaan Pagaruyung runtuh karena perang saudara (perang paderi) dan lalu Kerajaan Gunung Sahilan merdeka dari Kerajaan Pagaruyung.

Pada masanya, kekuasaan kerajaan Pagaruyung sampai ke kerajaan-kerajaan lainnya seperti Siak, Indragiri, Kampar, Indrapura, Jambi dan Negeri Sembilan. Meski pada masa akhirnya daerah-daerah tersebut juga ditaklukan oleh Kesultanan Malaka dan Karajaan Aceh.

Leave a reply "Puing-puing Kerajaan Dharmasraya"