Naskah Sumpah Pemuda dan Lirik Lagu Indonesia Raya Ciptaan Mohammad Yamin

Naskah Sumpah Pemuda dan Lirik Lagu Indonesia Raya Ciptaan Mohammad Yamin(1)

Mohammad Yamin

TRAVESIA – Pergerakan Indonesia modern terhitung sejak berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908 oleh Dr. Sutomo dan setahun setelah itu berdiri pula Serikat Dagang Islam yang kemudian hari diubah menjadi Serikat Islam yang didirikan oleh H. Samanhudi. Meski di kemudian hari Sarikat Islam ini pecah setelah Semaoen dan Darsono dikeluarkan dan menjadi pelopor untuk Partai Komunis Indonesia bersama Tan Malaka dan menjadi satu-satunya organisasi nasional yang aktif dalam jalur politik melawan kolonial Belanda. Hal itu dapat terlihat dari pemberontakan PKI pada tahun 1926/1927 di Banten dan Silungkang Sumatera Barat.

Pada tahun 1928, seorang penyair dan budayawan asal kelahiran Talawi Sawahlunto bernama Moh. Yamin, sangat gelisah dan begitu semangat dalam sebuah Kongres Pemuda Kedua di Batavia menyampaikan tentang kejayaan dan kebesaran Nusantara. Di sana ia menyampaikan bahasa persatuan dari bahasa malayu sebagaimana yang pernah digunakan oleh Sriwijaya dan Majapahit. Selain itu ia memberikan kepada ketua panitia dua buah puisi. Satu puisi untuk deklarasi Sumpah Pemuda yang kita kenal sekarang dan sebuah puisi lagi untuk lagu Indonesia Raya yang sering dinyanyikan pada senin pagi dalam upacara bendera.

Cita-cita dan kejayaan Nusantara pada masa Majapahit juga dirasakan hal yang sama oleh Ir. Soekarno. Mereka berdua seakan-akan ingin menjadi Gajah Mada yang mempersatukan Nusantra. Dan memang mereka seperti Gajah Mada.

Leave a reply "Naskah Sumpah Pemuda dan Lirik Lagu Indonesia Raya Ciptaan Mohammad Yamin"