Kampung Mohammad Hatta di Batu Hampar Limapuluh Kota

No comment 27 views
Kampung Mohammad Hatta di Batu Hampar Limapuluh Kota

Kampung Mohammad Hatta di Batu Hampar

TRAVESIA – Namanya Mohammad Hatta. Cucu kandung dari Syekh Abdurahman Batu Hampar. Ulama yang banyak diikuti di zamannya. Dan ayahnya bernama Mohammad Djamil. Meninggal saat Hatta masih berumur sekitar 8 bulan.

Ia lahir di Bukittinggi tahun 1902. Ada juga riwayat yang mengatakan bahwa ketika kecil namanya Mohammad Athar. Dan sore hari ia belajar mengaji dengan Syekh M. Jamil Jambek. Dan lalu untuk melanjutkan sekolah MULO maka ia pindah ke Padang.

Mulanya Moh. Hatta dipersiapkan oleh Pak Gaeknya (paman) yang bernama Syekh Mohmmad Arsyad untuk jadi pelanjut dari perguruan surau kakeknya, Syekh Abdurahman Batu Hampar dengan berencana membawa Hatta menuntut ilmu ke Mekah dan Mesir, namun jalan sejarah berkata lain. Taqdir membawa Hatta bersekolah di Batavia dan terus ke Rotterdam Belanda. Syekh Moh. Arsyad sangat sedih atas taqdir yang membawa keponakannya.

Namun taqdir berkata lain, meski Hatta tidak menjadi ulama seperti yang diharapkan, tetapi Hatta telah membawa sebuah bangsa yang besar menuju kemerdekaan. Ia menjadi Dwitunggal Proklamator negara ini.

Gedung dalam foto ini dibangun oleh Syekh Mohammad Arsyad dan selesai pada masa Syekh Mohammad Arifin pada tahun 1924 tempat para penuntut ilmu di Batu Hampar.

Leave a reply "Kampung Mohammad Hatta di Batu Hampar Limapuluh Kota"