Kisah Soekarno Mengunjungi Padang Japang Kab. Limapuluh Kota Sumatera Barat

Kisah Soekarno Mengunjungi Padang Japang Kab. Limapuluh Kota Sumatera Barat TRAVESIA – Ketika masa pembuangan Soekarno berakhir di Bengkulu oleh Belanda (1942), lalu Soekarno pun menuju sumatera bagian tengah. Dari daerah Muko-muko terus ke Padang. Singah di Padang Panjang lalu meneruskan perjalanan ke Padang Japang, Kec. Guguk Kab. Limapuluh Kota yang berjarak sekitar 18 KM dari kota Payakumbuh.

Di Padang Japang ini Soekarno telah disambut oleh Syekh Abbas Abdullah dan Syekh Mustafa Abdullah yang mendirikan Perguruan Darul Funun el Abbasiyah yang sebelumnya bernama Sumatra Thawalib. Perguruan ini adalah termasuk pelopor pendidikan modern di Indonesia. Dengan cara mengadopsi sistem cara belajar dan mengajar yang ada pada Universitas Al-Azhar, Cairo Mesir.

Bersama kedua Inyiak padang Japang ini, Soekarno berdiskusi dan meminta petunjuk tentang permasalahan politik dan pergerakan perjuangan bangsa Indonesia. Dan dari pertemuan singkat ini, Syekh Abbas Abdullah menyarankan kepada Soekarno untuk berhati-hati kepada komunis dan liberal yang ingin menghancurkan negara ini. Beliau juga merekomendasikan bahwa dasar negara juga harus berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Dan suatu hari, ide tersebut dicantumkan di dalam Sila Pertama Pancasila.

Sebelum berpisah, Syech Abbas memberikan sebuah kopiah kepada Soekarno dengan berpesan “Peci (kopiah) ini kuberikan supaya kamu menyadari bahwa bangsa Indonesia ini mayoritas umat Islam”, dan Soekarno pun senang dengan topi itu dan mengganti topinya yang sudah mulai agak lusuh dengan model yang agak datar. Ia selalu memakainya dalam setiap pertemuan. Hingga Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Agus Salim dll juga mengikuti style Soekarno. Dan dengan topi ini terus melahirkan trand made tokoh-tokoh politik Indonesia di dunia sampai hari ini. Dan hal yang sama juga pernah disampaikan oleh sejarahwan dari Koto Kociak, Yan Abdullah ketika suatu kali saya berkunjung ke rumahnya.

Leave a reply "Kisah Soekarno Mengunjungi Padang Japang Kab. Limapuluh Kota Sumatera Barat"