Peristiwa Heroik Kuli Pelabuhan Tanjung Priok Untuk Indonesia

Peristiwa Heroik Kuli Pelabuhan Tanjung Priok Untuk Indonesia

Peristiwa Heroik Kuli Pelabuhan Tanjung Priok Untuk Indonesia

TRAVESIA.CO.ID – Minggu kedua bulan Oktober 1945 adalah kontak fisik pertama antara NICA dan pribumi. Di mulai dari Pintu Tiga Pelabuhan Tanjung Priok. Dari truk yang mereka tumpangi serombongan NICA mengarahkan tomy gunnya ke arah pemuda-pemuda yang sedang bergerombol di situ sambil mengancam para pemuda bahwa hidup mereka tinggal sehari lagi.

Meski hati dongkol, tapi para pemuda masih bisa menahan diri, namun pada petang hari kira-kira pukul 19.00 mereka kembali dengan maksud untuk mencapai bendera Merah Putih yang sedang berkibar.

Para pemuda pelabuhan Tanjungpriok tak bisa tinggal diam, mereka yang rata rata adalah kuli angkut di pelabuhan itu marah melihat NICA mencoba menurunkan bendera Merah Putih, terjadi adu jotos sengit di depan pintu pelabuhan Tanjung Priok itu.

Sesudah lewat pertengkaran sengit maksud para serdadu NICA bisa digagalkan. Kemudian dua jam kemudian serombongan kelasi Belanda yang terdiri dari sebelas orang terlihat mendekati POS I pelabuhan.

Rombongan itu berhasil menurunkan Sang Merah Putih dan dibawanya ke Kapal Perang mereka yang sedang bersandar, melihat hal demikian maka pemuda pemuda di wilayah pelabuhan dengan serentak maju, merebut bendera yang nyaris saja dibakar para serdadu NICA.

Sumber Buku Samudra Merah putih.

Oleh Beny Rusmawan

Leave a reply "Peristiwa Heroik Kuli Pelabuhan Tanjung Priok Untuk Indonesia"