The Black Mascot, Komodor Abdul Halim Perdana Kusuma

Komodor Abdul Halim Perdana Kusuma

Komodor Abdul Halim Perdana Kusuma

TRAVESIA.CO.ID – The Black Mascot adalah julukan bagi Halim Perdana Kusuma dari kawan kawan bulenya di Royal Air Forces untuk anak Madura ini karena berkali kali dalam 44 misi Pemboman ke wilayah German yang di ikuti Halim selalu lolos dari maut.

Saat jenasahnya akan dipindahkan dari makam di Teluk Murok Malaysia ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata sebagian masyarakat keturunan Sumatra yang tinggal di Teluk Murok keberatan karena mereka sudah menganggap Komodor Abdul Halim Perdana Kusuma adalah pahlawan mereka.

Pemindahan makam anak wakil Wedana Sampang ini terjadi saat peringatan hari Pahlawan 10 November 1975. Abdul Halim Perdana Kusuma gugur akhir Desember 1947 di perairan Selat Malaka saat membawa pesawat pertama milik Indonesia yang dibeli dari sumbangan ibu ibu dan ninik mamak Sumatra Barat yang diberi nama RI-003.

Beliau gugur bersama penerbang Komodor Iswahyudi dalam penerbangan terakhir mereka dari Philipina ke Indonesia. Pesawat jatuh di Selat Malaka kemungkinan karena cuaca buruk.

Jenasah sang Komodor yang saat itu baru berusia 25 tahun ditemukan di pantai yang konon oleh penduduk kabarnya jenasah beliau di dorong ke pinggir pantai oleh ikan lumba lumba dengan kondisi jenasah yang sulit dikenali. Untung saja dalam sabuk pengaman terdapat nama beliau, na’as bagi penerbang Iswahyudi jenasahnya sampai saat ini tak diketemukan.

Sumber Majalah Angkasa edisi khusus

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "The Black Mascot, Komodor Abdul Halim Perdana Kusuma"