Kiprah TKR Laoet Dalam Revolusi Fisik Di Bekasi 1945 – 1947

Kiprah TKR Laoet Dalam Revolusi Fisik Di Bekasi 1945 – 1947TRAVESIA.CO.ID – TKR Laoet adalah satuan yang paling lengkap saat wilayah Bekasi menjadi ajang pertempuran terbuka baik dengan tentara Inggris atau Belanda. Yang jarang diketahui orang bahkan mungkin orang Bekasi sendiri adalah TKR Laoet yang bertempur di Bekasi adalah salah satu cikal bakal TNI AL saat ini.

Ya komadan TKR Laoet itu adalah Mayor Madmuin Hasibuan bersama dengan kawannya R.E. Martadinata yang saat saat awal kemerdekaan dengan para siswa sekolah teknik perkapalan di Jakarta mendirikan BKR Laoet.

Lalu saat di desak Inggris setelah pertempuran kali kresek para anggota TKR Laoet ini mundur ke bekasi dan bahu membahu dengan laskar termasuk dengan laskar Hisbullah pimpinan Kyai Haji Noer Alie. Saat serah terima tawanan perang dan orang asing di tahun 1946, satuan TKR Laoet ini lah yang di minta menjadi pasukan Kawal kehormatan di stasiun Bekasi karena di anggap paling rapi dan lengkap.

Satuan ini juga yg sampai tahun 1947 saat agresi militer Belanda ke satu menjadi pelopor dan satuan paling depan dalam menghadapi serangan tentara Belanda. Salah satu komandan yang menonjol dalam satuan ini adalah Letnan Samsuar L. Tobing.

Tobing dianggap berhasil menahan serangan Infantri Belanda saat pertempuran hidup mati di kota Karawang. Sedang sang komandan yakni Mayor Madmuin Hasibuan terakhir tercatat sebagai ketua DPRD kab. Bekasi pertama tahun 1950.

Sayangnya kisah TKR Laoet di Bekasi ini jarang diangkat dan di dengar. Jangankan di Indonesia! Di Bekasi pun orang hanya tahu Jalan Hasibuan. Tapi siapa Madmuin Hasibuan? Dan makamnya di mana?

Beny Rusmawan

 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Kiprah TKR Laoet Dalam Revolusi Fisik Di Bekasi 1945 – 1947"