Tugu Agus Salim, Epik Peristiwa Pahlawan Tak Dikenal Tahun 1946

Tugu Agus Salim, Epik Peristiwa Pahlawan Tak Dikenal Tahun 1946

Tugu Agus Salim, Epik Peristiwa Pahlawan Tak Dikenal Tahun 1946

TRAVESIA.CO.ID – Pertempuran sedang sengit! Saling tembak antara pejuang Bekasi dan Belanda sudah hampir seharian ini tanpa henti. Hari itu sedari pagi Belanda tiba-tiba melepas banyak tembakan meriam artileri mereka ke arah sebrang kali Bekasi.

Sepertinya Belanda geram karena semalam tangsi mereka disusupi pasukan gelap yang meledakan beberapa granat di dalam tangsi. Dan pagi harinya mereka melepas puluhan tembakan meriam ke arah posisi pejuang Bekasi seperti hari ini.

Jam 7 pagi Belanda mulai menghujani Kawasan sebrang kali Bekasi dengan tembakan meriam berat! Namun tak lama dibalas oleh anak anak pejuang Bekasi dengan sengit! Saat itu pihak pejuang Bekasi mempunyai 2 buah meriam lapangan sisa serdadu Jepang, nah kedua meriam itulah yang bisa digunakan membalas serangan Belanda. Walau dengan kondisi satu meriam rodanya patah namun masih bisa digunakan.

Kumpulan pemuda TKR tu sudah gemetar, lelah dan kantuk sudah mendera! Tapi perintah tetap perintah! Merekalah yang bertugas menangani meriam bekas Jepang itu.

” Balas tembakan artileri Belanda keparat dengan meriam itu!… ” perintah Komandan mereka.

Puluhan tembakan sudah mereka balas ke arah posisi pasukan Belanda walau kondisi meriam patah, namun fungsinya masih baik, peluru pun ada, tak perduli dengan tembakan Senapan mesin yang gencar nyaris mengenai para pejuang ini, mereka tetap semangat membalas tembakan ke arah sebrang barat kali Bekasi.

Tiba tiba. Blaaar!!! Satu tembakan meriam berat tepat jatuh di sisi kiri meriam anak anak pejuang itu. 4 orang pejuang terpental! gugur!

Kedua teman mereka yang masih memegang meriam tersedak! Kaget namun tak lama. Mereka hanya memandang sebentar ke rekan rekan mereka yang gugur, tak lama 3 orang pejuang lain mendekati meriam lalu. Mereka melanjutkan tembakan balasan ke arah Belanda!

Baru satu tembakan balasan tiba tiba. Blaaar! Lubang menganga serta serpihan meriam bercampur tubuh manusia berserak! Tembakan itu tepat mengenai posisi meriam pejuang Bekasi itu. Kelima orang pejuang itu gugur dengan kondisi hancur bersama meriam Jepang yang mereka pegang.

Sayang tak ada yang tahu nama nama pejuang itu maka atas inisiatif TNI AD tahun 70 an dibuat monumen yang lokasinya tepat dimana posisi meriam pejuang Bekasi itu berada.

Ya itu tugu Agus Salim orang Bekasi mengenalnya dengan tugu itu sesuai nama jalan itu. Tugu itu digagas Jendral Nasution sekitar tahun 1970.

Beny Rusmawan

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Tugu Agus Salim, Epik Peristiwa Pahlawan Tak Dikenal Tahun 1946"