Kisah Djiew Kie Siong Dijenguk Fatmawati Soekarno

No comment 62 views
Kisah Djiew Kie Siong Dijenguk Fatmawati Soekarno

Djiew Kie Siong Dijenguk Fatmawati Soekarno

TRAVESIA.CO.ID – Siang itu suasana di rumah kayu berlantai ubin merah sedikit ramai. Semua anak si empunya rumah sudah berkumpul di kamar utama. Di kamar tidur utama, terlihat kakek yang sedang tergolek lemah. Sakit. Sudah beberapa minggu ini kakek sang pemilik rumah itu tak bisa bangun dari tempat tidur. Usia yang sudah 83 tahun makin membuat tubuhnya semakin kurus.

Tiba-tiba terdengar suara pelan dari samping kasur si Kakek. “Papah, itu ibu Fat istri Bung Karno mau ketemu papah. Ibu Fatmawati sudah ada di pendopo, papah mau ketemu ngga?” Anak tertua sang Kakeklah yang bicara.

Seperti mendapat kekuatan, sang Kakek tiba tiba mengiyakan dengan mengangguk kepalanya pelan lalu berusaha berdiri walau dengan susah payah seraya meminta dipakaikan baju yang bagus. Ya hanya Ibu Fatmawati yang menguatkan Djiew Kie Siong untuk bangun dari tempat tidur setelah beberapa minggu sakit. Ibu Fatmawati yang Djiew Kie Siong ingat pada puluhan tahun lalu hadir di rumahnya walau cuma 1 hari. Tapi tak akan dilupakan oleh lelaki tua yang tak pernah bisa bahasa Tionghoa walau ia keturunan Tionghoa.

Tak lama mobil jeep datang menjemput Djiew Kie Siong dan membawanya bertemu dengan Ibu Fatmawati yang sudah tiba di pendopo Kecamatan Rengasdengklok. “Papah itu dah engga bisa bangun lama, tapi saat di bilang Bu Fat datang dan mau bertemu, sakitnya hilang!” Tutur salah satu cucu beliau cerita ke kami.

Pertemuan yang diabadikan dalam photo di sini terjadi tahun 1964, saat itu sang cucu berusia 11 tahun. Masih di ingat bagaimana mata Djiew Kie Siong dan Bu Fat menahan haru saat bertemu. Beberapa bulan kemudian Djiew Kie Siong meninggal dunia dan makamnya ada dibelakang rumah sekarang di Rengasdengklok.

Djiew Kie Siong mungkin hanya “figuran ” dalam Lakon besar Proklamasi tapi sejarah tentang beliau tak boleh di lupakan. Seperti di tutur anak ke 5 Djiew Kie Siong pada saya Beny Rusmawan.

Oleh Beny Rusmawan

Leave a reply "Kisah Djiew Kie Siong Dijenguk Fatmawati Soekarno"