Letnan Muda Inggris Penyelamat Bung Kecil (Sutan Syahril)

Letnan Muda Inggris Penyelamat Bung Kecil (Sutan Syahril)

Letnan Muda Inggris Penyelamat Bung Kecil (Sutan Syahril)

TRAVESIA.CO.ID – Kisah-kisah awal bangsa ini berdiri banyak yang menarik. Ada pejabat yang kena tembak (maaf) panta*tnya, ada yang rumahnya bisa tiba-tiba didatangi tentara KNIL Ambon cuma untuk minta kopi, ada malah yang hampir terbunuh karena Belandanya mabuk.

Satu hal yang paling berkesan adalah saat Perdana Menteri Sutan Syahrir nyaris tewas. Perdana Menteri Republik Indonesia itu memang tidak ada pengawal ia malahan menyetir mobilnya sendiri.

Pada tanggal 26 Desember 1945, sekitar pukul 23.30 Sang Perdana Menteri saat melintas di jalan hendak pulang dihentikan oleh lima serdadu Belanda yang menembak ke arah mobil hingga kena kap mobil Bung Kecil.

Setelah mobil berhenti seorang serdadu mengacungkan pistol kepada Sjahrir dan menembak. Tapi pistol tidak meletus karena macet. Untung di saat itu lewat kendaraan patroli Polisi Militer tentara Inggris.

Perwiranya mengenal Sjahrir sebagai Perdana Menteri. Letnan Muda Militer Inggris tersebut menegur serdadu-serdadu Belanda untuk segera mengenyahkan diri dari tempat itu.

Syahrir melanjutkan perjalanan pulang ke rumahnya di Jalan Jawa. Pers dalam negeri menyiarkan peristiwa itu deng judul “Syahrir Terhindar dari Maut”. Masyarakat merasa lega Kepala Pemerintah Republik selamat. Surat dan telegram mengucapkan syukur berdatangan kepada Perdana Menteri.

Sebenarnya Sang PM sempat mencari Letnan muda itu cuma tak bertemu mungkin hendak berterima kasih.

Catatan Harian Wartawan Rosihan Anwar
Oleh Beny Rusmawan

Leave a reply "Letnan Muda Inggris Penyelamat Bung Kecil (Sutan Syahril)"