Ketika Sutan Syahrir Menantang Tan Malaka

No comment 86 views
Tan Malaka dan Syahrir

Tan Malaka dan Syahrir

TRAVESIA.CO.ID – “Jika Engku dapat menunjukkan kepada saya, Engku memiliki pengaruh lima persen saja dari pengaruh Soekamo, saya akan ikut dengan Engku, oleh karena itu saya anjurkan Engku berkeliling dahulu di seluruh Jawa untuk melihat keadaan sebenarnya dan sesudah itu baru kita menentukan sikap dan tindakan apa yg perlu diambil!”

Ucapan Sutan Syahrir pada Tan Malaka yang saat itu mempunyai ide menyingkirkan Soekarno yang dianggap lemah oleh Syahrir karena mau berunding dengan Belanda.

Tan Malaka berkeliling Jawa namun apa yang ia dapat adalah tak ada rakyat awam pun yang kenal beliau. Hanya orang orang terpelajar saja yang tahu siapa Tan Malaka sampai akhirnya ide menyingkirkan Soekarno tak pernah terlaksana. Dan Tan Malaka malah tewas oleh Tentara Negara yang dimulai dari Idenya yakni Republik Indonesia.

Oleh Beny Rusmawan

 

Dapatkan 2 buah buku penelitian Feni Efendi tentang PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI):

Jejak yang Terlupakan

Judul Buku: JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah

Genre: Catatan Perjalanan

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

 

Selendang Ibu Perdana Menteri

Judul Buku: SELENDANG IBU PERDANA MENTERI

Genre: buku puisi PDRI

Penerbit: JBS Yogyakarta

Penulis: Feni Efendi

Pemesanan: WA 0812-6772-7161 / HP 0823-8485-2758

Leave a reply "Ketika Sutan Syahrir Menantang Tan Malaka"