Hari Ini 39 Tahun Lalu, 14 Maret 1980, Moh. Hatta, Bapak Pendiri Bangsa Wafat

Hari Ini 39 Tahun Lalu, 14 Maret 1980, Moh. Hatta, Bapak Pendiri Bangsa Wafat

14 Maret 1980, Moh. Hatta, Bapak Pendiri Bangsa Wafat

TRAVESIA.CO.ID – Jakarta mendung pagi itu namun lautan manusia tak bisa dibendung! Rakyat ingin mengantar manusia pilihan terbaik Indonesia yang telah berpulang. Ya Bung Hatta atau Mohammad Ahtar yang lahir di Bukittingggi, 12 Agustus 1902 dan ayahnya berkampung halaman di Batu Hampar Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat ini meninggal tanggal 14 Maret 1980 di Jakarta.

Pada 3 Maret 1980, Bung Hatta masuk RS Cipto Mangunkusumo untuk menjalani serangkaian perawatan. Itulah untuk terakhir kalinya Bung Hatta pergi meninggalkan rumah.

Pada 13 Maret 1980, kondisi fisik suami Rahmi Rachim itu kian merosot sehingga harus menjalani tindakan medis di ruang ICU. Pada pukul 18.56 WIB, hari Jumat, 14 Maret 1980, ia menghembuskan nafas terakhir. Bung Hatta wafat dengan tenang didampingi sejumlah anggota keluarga tercinta.

Berbondong rakyat Jakarta memenuhi jalan dari rumah duka ke arah pemakaman di Tanah Kusir, Jakarta. Hatta memang bukan Soekarno! Hatta itu biasa! Bahkan foto-foto pemakaman beliau tak ada di sebaran internet! Tak ada kisah haru biru seperti drama dalam pemakaman seperti rekan seperjuangan sesama Proklamator!

Tak ada kisah dramatis tentang wasiat di mana makam beliau hanya pemakamam umum seperti rakyat biasa. Tapi ribuan rakyat berjejal! Menunggu dengan sabar untuk memberi penghormatan terakhir pada orang sederhana yang bahkan dulu tak sanggup beli sepatu!

Bahkan seorang Iwan Fals menulis lagu khusus tentang kepergian Proklamator ini. Bangsa ini pun kehilangan salah seorang putra terbaiknya.

Bung Hatta (Iwan Fals)

Hujan air mata dari pelosok negeri
Saat melepas engkau pergi…
Berjuta kepala tertunduk haru
Terlintas nama seorang sahabat
Yang tak lepas dari namamu…
Terbayang baktimu, terbayang jasamu
Terbayang jelas… jiwa sederhanamu
Bernisan bangga, berkafan doa
Dari kami yang merindukan orang
Sepertimu…….
Sspenggal bait lagu Hatta….

Oleh Beny Rusmawan

Leave a reply "Hari Ini 39 Tahun Lalu, 14 Maret 1980, Moh. Hatta, Bapak Pendiri Bangsa Wafat"