Destinasi Wisata Sejarah Berkunjung ke Museum Adityawarman di Padang

Destinasi Wisata Sejarah Berkunjung ke Museum Adityawarman di Padang

credit image @lionmag.net

TRAVESIA.CO.ID – Bukan hanya pantai, danau maupun juga jam gadang yang bisa dinikmati selama berada di Sumatera Barat sebab Museum Adityawarman di Padang menawarkan wisata edukasi.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 10, Belakang Tangsi, Padang Barat, Belakang Tangsi, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25114
Jam buka: Buka ⋅ Tutup pukul 16.00
Telepon: (0751) 31523

Mempelajari Budaya Minangkabau Dari Museum Adityawarman di Padang

Bukan hanya danau, pantai, gunung, bukit maupun kulinernya saja yang menjadi daya tarik Sumatera Barat sebab masih ada beberapa tempat wisata lain yang menyuguhkan edukasi, kebudayaan dan sejarah seperti Museum Adityawarman di Padang. Anda bisa membawa anak Anda untuk belajar sembari berlibur sehingga jauh lebih bermanfaat dan bisa mengenal lebih baik kebudayaan Indonesia di dalam museum ini yang sangat lengkap.

Museum Adityawarman di Padang yang Menyediakan Sejarah Minangkabau

Banyak sekali tempat wisata yang akan menyuguhkan kebudayaan dan sejarah yang patut untuk Anda kunjungi ketika berada di Sumatera Barat sehingga lebih bermakna dan jugta bermanfaat. Salah satunya tidak jauh karena berada di pusat kota yaitu Museum Adityawarman di Padang. Banyak wisatawan yang merekomendasikan tempat ini sebagai tujuan utama Anda ketika berlibur.

Untuk Indonesia, museum ini dianggap merupakan yang paling penting khususnya mengangkat budaya dan sejarah dari masyarakat asli Sumatera Barat yaitu Minangkabau dimana Anda bisa melihat berbagai macam peninggalan sejarah dan budayanya bahkan koleksinya pun sangat lengkap.

Lokasinya berada di Jalan Diponegoro 10 yang terletak di Kelurahan Belakang tangsi, Kecamatan Padang Barat di Kota Padang. Museum ini dibangun di lahan dengan luas mencapai 2,6 hektar sehingga luas dari bangunannya sendiri mencapai 2.855 meter persegi. Bangunannya cukup unik sebab didirikan sesuai dengan inspirasi dari rumah gadang yang merupakan ciri khas arsitektur bangunan rumah tradisional masyarakat Minangkabau.

Pembangunan museum ini dilakukan di tahun 1974 dengan tujuan dijadikan sebagai tempat untuk melestarikan cagar budaya Nusantara, Mentawai dan Minangkabau. Peresmiannya dilakukan oleh Prof. Dr. Sjarif Thayeb yaitu Mendikbud di tahun 1977.

Namun nama “Adityawarman” sendiri baru diresmikan pada tahun 1979 dan nama ini diambil dari salah satu raja yang dahulu berkuasa di Minangkabau pada tahun sekitar 1347 hingga 1375 masehi dan menurut simber sejarah, beliau ini merupakan raja yang asal usulnya dari trah bangsawan kerajaan Majapahit.

Museum ini menyediakan berbagai macam referensi sejarah yang sangat beragam dimana ada sekitar lebih dari 6000 buah koleksi yang dibagi ke dalam sekitar 10 kategori seperti Teknologika, Seni Rupa, Keramologika, Filologika, Numismatika atau Heraldika, Historika, Arkeologika, Etnografika, Biologika dan juga Geologika atau Geografika dengan berbagai jenis.

Ada pernak-pernik, perhiasan, instrumen musik, replika upacara adat, perkakas dan sebagainya. Dari kota Padang, Anda hanya perlu naik kendaraan umum atau menggunakan jalur darat pada intinya sebab berada di pusat kota. Dari sini jugalah, Anda bisa mendapatkan hotel, resort maupun penginapan terjangkau di sekitar pusat kota padang dengan mudah sehingga dapat memanfaatkan aplikasi pencari hotel Anda bahkan kini juga sudah ada aplikasi transportasi online di Padang.

Namun jika tidak ingin kesulitan dalam mencari penginapan maupun juga transportasi, akan lebih baik jika Anda sudah menyewa kendaraan langsung dari pelangiholiday.com untuk menuju Museum Adityawarman di Padang dan tempat wisata lainnya tanpa perlu keluar uang lagi.

copyrigh @pelangiholiday.co.id

Leave a reply "Destinasi Wisata Sejarah Berkunjung ke Museum Adityawarman di Padang"