Market Day Alhuffazh School Payakumbuh, Membangun Pasar Syariah

Market Day Alhuffazh School Payakumbuh, Membangun Pasar Syariah

credit image @alhuffazhpayakumbuh

TRAVESIA.CO.ID – Kamis, 20 September 2019 Alhuffazh School mengadakan Market Day yang diikuti oleh para santri dan wali santri Al Huffazh untuk ikut ambil bagian dan berkontribusi menjadi saudagar dan pembeli di agenda acara tersebut. Agenda ini dibuka dengan acara pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, dihadiri Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Payakumbuh dan juga oleh Abah Uzma (Ustadz Zulkifli Muhammad Ali, Lc. MA) sebagai Ketua Dewan Syariah Al Huffazh. Dalam kesempatan ini Abah Uzma kembali mengingatkan para hadirin untuk senantiasa menjalankan adab-adab islam dalam perniagaan (Adab Jual Beli) dan menghindari Riba sebagaimana yang disampaikan oleh admin laman sosial Facebook Al Huffazh Payakumbuh.

Peresmian dengan menggunting Pita AcaraMarket Day Alhuffazh School Payakumbuh, Membangun Pasar Syariah 1

Pengguntingan Pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. credit [email protected]

Payung-payung teduh dengan beragam warna untuk berniaga menghiasi halaman olahraga sunnah Madrasah dan Kuttab Al Huffazh, lapak-lapak pedagang (para santri) yang menjajakan produk mereka dengan senyuman. Tidak hanya produk, penawaran jasa seperti pengobatan Thibbun Nabawi dan pemutaran Film dengan latar kebangkitan Islam juga menjadi daya tarik market day hari kemarin. Selain berbelanj, juga ada jasa message pijat refleksi, minuman segar yang halal dan toyyiban.

credit image@alhuffazhpayakumbuh

Market Day Alhuffazh School Payakumbuh. credit [email protected]

Lokasi Market Day Alhuffazh School di Madrasah Alhuffazh ini beralamat di Kawasan Sicincin Mudiak Payakumbuh Timur. Edhie Koesmana, Kepala Yayasan Alhuffazh School, di laman media sosial Facebooknya juga memaparkan bahwa “Rasulallah SAW setelah membangun masjid ketika hijrah di Madinah, bersama para sahabat membangun pasar di tengah hegemoni pasar yahudi yang identik dengan kapitalism dan liberal. Pasar yang dibangun Oleh Rasullah lebih mengedepankan nilai nilai yang beradab (etika bisnis) dan nilai nilai sosial yang berkeadilan. Konsep pasar dibangun atas dasar kemandirian ekonomi , kebebasan dalam berjual beli. Nabi pun berperan selaku pemegang otoritas pasar akan melakukan intervensi pasar jika ditemukan penyimpangan dan penguasaan atas barang jualan yang menyangkut asas hidup orang ramai (umum).”

Leave a reply "Market Day Alhuffazh School Payakumbuh, Membangun Pasar Syariah"