Rumah Pohon Literasi, Wisata Edukasi di Pagaruyung Sumatra Barat

Rumah Pohon Literasi, Wisata Edukasi di Pagaruyung Sumatra Barat

credit image @aoisoranoshitade.blogspot.com

TRAVESIA.CO.ID – Traveling kurang lengkap kalau tak sembari kulineran dan foto-foto. Lalu bagaimana dengan jalan-jalan sambil memperdalam ilmu pengetahuan? Banyak juga lho destinasi wisata yang bisa dikunjungi, membuat tubuh jauh dari stres dan sekaligus menambah ilmu. Salah satunya adalah Rumah Pohon Literasi di Sumatra Barat. Seperti apa daya tarik dari tempat wisata yang satu ini?

Rumah Pohon Literasi ini berada di Nagari Pagaruyuang, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar). Lokasinya cukup strategis, berada di belakang Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar. Tidak hanya menawarkan buku-buku saja, jika lelah membaca kamu bisa hunting foto Instagenic di sekitarnya. Ada beberapa spot cantik yang bisa untuk dibidik.

Rumah Pohon Literasi ini menyuguhkan bacaan untuk para wisatawan yang berkunjung. Ternyata ide pembangunan taman bacaan ini berawal dari seorang yang bernama Yusril, seorang pegiat literasi yang bekerja di Balai Penginggalan dan cagar Budaya (WPCB) Wilayah III Sumbar Riau Jambi. Pembuatan Rumah Pohon Literasi ini tercetus lantaran ingin memanfaatkan beberapa buku yang tidak begitu dimanfaatkan di tempat kerjanya.

Melihat sekarang ini masyarakat Indonesia begitu gemar berwisata, akhirnya Yusril memiliki ide menggabungkan antara literasi dan destinasi wisata. Maka dari itulah, konsep yang diusungnya merupakan wisata edukasi.

Karena masih dikelola seadanya, fasilitas di tempat ini juga belum terlalu lengkap. Namun sudah bisa digunakan untuk berwisata tipis-tipis saat akhir pekan. Fasilitas yang ditawarkan antara lain berbagai bahan bacaan, juga spot-spot untuk berfoto. Satu hal lagi, lokasinya berada di sekitaran pepohonan yang sangat asri dan hijau, tidak salah jika kamu akan terpukau dengan panorama yang ditawarkan.

Teman Traveler yang berkunjung ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata satu ini. Harga tiket masuk yang dibanderol sangatlah terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5.000. Dan semua kalangan bebas untuk masuk, baik itu remaja, dewasa ataupun orang tua, untuk menambah ilmu pengetahuan. Jadi, jangan segan-segan untuk berkunjung.

Tambah satu lagi ya destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Sumatra Barat. Bertemakan wisata edukasi, kamu bisa jalan-jalan sembari menambah daftar bacaan. Bonusnya, bisa tambah pula stok foto untuk media sosial. Bagaimana, langsung ingin liburan kan?

copyrigh @travelingyuk.com

Leave a reply "Rumah Pohon Literasi, Wisata Edukasi di Pagaruyung Sumatra Barat"