Wisata Agro Danau Kembar Solok Sumatera Menikmati Indahnya Kebun Teh di Ketinggian

Wisata Agro Danau Kembar

credit image @GoSumbar.com

TRAVESIA.CO.ID – Tidak jarang, banyak obyek wisata yang terkenal di Sumatera Barat, seperti Wisata Satwa Kandi Sawah Lunto, Wisata Pantai Air Manis, Wisata Puncak Man­deh Pesisir Selatan dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi masih ada sebagian tempat wisata yang belum terexspos ke­luar salah satunya Wisata Agro PT. P Nusantara VI Danau Kembar. Mungkin sebagian orang belum tau dengan tempat wisata yang satu ini karena letaknya yang kurang strategis antara gapura dan tempat wisata yang indah tersebut.

Wisata Agro ini terletak di sekitar Jl. Padang-M.­Labuh, tepatnya di daerah Kayu Jao. Wisata Agro hadir dengan sejuta pesona. Pengunjung disuguhkan dengan pemandangan ke­bun teh yang amat luas, yang luasnya sekitar 669,52 hektar.

Perkebunan teh tersebut seperti permadani yang membentang luas de­ngan indahnya. Pengunjung tidak hanya bisa me­nik­mati pemandangan kebun teh dari bawah saja, tetapi pengunjung juga bisa me­lihat panorama alam yang sangat indah dari tempat yang tinggi, tentu saja view­nya akan lebih me­nge­san­kan.

Untuk sampai ke tem­pat wisata ini sangat mu­dah, pengunjung bisa meng­gunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mo­bil dan bus jika pergi be­rom­bongan. Di tempat ini pengunjung bisa mela­ku­kan berbagai kegiatan, se­perti camping selama be­berapa hari, membuat out­bon, hiking ke puncak per­kebunan teh, dan juga ber­kunjung ketempat pembu­atan teh yang berada tidak jauh dari sana serta bagi pasangan yang pengen me­lakukan sesi pemotretan preweding juga bisa dila­kukan di Wisata Agro ini.

“Untuk camping, kami menyedikan dua buah tem­pat dengan tariff yang ber­beda, untuk lapangan bola kami menyediakan tariff yang tidak terlalu mahal yaitu seharga Rp500.000/malam , untuk lapangan tenis tarifnya seharga Rp­700.000 per malam”, ujar pak Yogiek selaku Public Relation PT. P Nusantara VI Danau Kembar.

Wisata Agro juga me­nyediakan khusus bagi pa­ra wisatawan yang hoby hiking atau mendaki, yang disebut dengan Teawalk. Teawalk di sini adalah para wisatawan bisa me­nyak­sikan betapa luasnya perke­bunan teh dari ketinggian. Yaitu menuju kepuncak perkebunan teh. Teawalk menyediakan dua rute, ya­itu rute pendek dan rute panjang. Untuk menempuh rute pendek, kita memakan waktu sekitar kurang lebih satu jam, sedangkan untuk rute panjang, bisa memakan waktu sekitar dua setengah jam.

Untuk Teawalk ini pe­ngunjung bisa menempuh­nya dengan dua cara, yang pertama dengan cara jalan kaki menuju puncak dan yang kedua dengan meng­gunakan motor trial, yang tentunya jarak waktu tem­puh menuju puncak lebih cepat dibandingkan dengan berjalan kaki. Untuk Tea­walk ini, para pengunjung tidak perlu khawatir jika tersesat menuju puncak, karena kita akan di pandu oleh pemandu-pemandu professional.

“para pengunjung tidak usah khawatir untuk terse­sat, karena kami sudah menyediakan para peman­du yang sangat kompeten di bidang nya”, ujar salah satu security yang bertugas di depan pintu masuk ke Wi­sata Agro bagian atas.

Untuk segi keamanan, Wisata Agro ini sangat aman karena dijaga oleh tiga orang security yang bekerja siang dan malam. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke Wisata Agro ini cukup hanya membayar biaya administrative se­besar Rp5000/kepala. Me­mang pada dasarnya setiap tempat wisata pasti ada tukang palak, akan tetapi di Wisata Agro ini semua masalah yang berhubungan dengan tukang palak sudah teratasi, itu semua berkat kerja keras dari security-security handal yang ada di Wisata Agro ini.

Minat pengunjung sen­diri yang bertempat tinggal tidak jauh dari Wisata Agro ini sangat tinggi. Banyak pemuda-pemudi yang se­ring berkunjung ke tempat wisata ini, hanya dengan tujuan agar bisa menunggu datangnya senja hari de­ngan suguhan peman­da­ngan yang sangat indah. Tidak hanya pemuda dan pemudi, Wisata Agro ini juga ramai dikunjungi oleh keluarga yang hendak ber­libur di waktu senggangnya. “Tempat ini sangat bagus, dengan adanya kebun teh yang membentang luas, rasa lelah dan letih dari per­jalanan jauh bisa terobati dengan berkunjung ke Wi­sata Agro ini”, ujar Yosi salah seorang pengunjung yang berasal dari kota Pa­dang.

Wisata Agro ini sejak lama sudah ada, namun karena yang ada cuma ke­bun teh saja, orang-orang banyak yang malas untuk berkunjung ke Wista Agro ini. Tetapi semenjak di rombaknya Wisata Agro ini menjadi tempat yang lebih menarik, dengan dia­dakannya tulisan Danau Kembar ditengah-tengah perkebunan teh pada tahun 2014 lalu, adanya jalan yang di tepi-tepinya dihiasi be­bungaan yang bisa dija­dikan lokasi untuk pre­weding, serta adanya tea­walk bagi yang hobby men­daki dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi para pengunjung yang penasaran mengapa ada tulisan “DANAU KEM­BAR” di tengah per­kebunan teh yang amat luas ini. Jawabannya adalah tidak jauh dari Wisata Agro PT.P Nusantara VI ini ter­dapat dua buah danau yang berdekatan, yaitu Danau Atas dan Danau Bawah, yang sering disebut dengan Danau Kembar. Untuk me­nuju Danau Kembar ini hanya memakan waktu ku­rang lebih 30 menit.

Nah, itu tadi sedikit gambaran mengenai Pe­sona Alam Wisata Agro Danau Kembar. Buat kamu yang ingin merasakan sen­sasi lebih , silahkan datang langsung ke kawasan Wi­sata Agro Danau Kembar di Sumatera Barat.

copyrigh @harianhaluan.com

Leave a reply "Wisata Agro Danau Kembar Solok Sumatera Menikmati Indahnya Kebun Teh di Ketinggian"