Ruang Baca TANAH OMBAK Membangun Karakter dan Mengenalkan Dunia Baca/Literasi

oleh -17 views
Ruang Baca TANAH OMBAK Membangun Karakter dan Mengenalkan Dunia Baca
credit image @henry.pong.507
Ruang Baca TANAH OMBAK Membangun Karakter dan Mengenalkan Dunia Baca
credit image @henry.pong.507

TRAVESIA.CO.ID – Sebelumnya di sebuah gang sempit di Kampung Purus 3 di pesisir Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat, kehadiran Ruang Baca TANAH OMBAK yang didirikan oleh Syuhendri dan Yusrizal KW ini masih sering mendapat penolakan warga. Kondisi lingkungan sangat memperihatinkan dengan tindak kriminal dan narkoba sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat yang tinggal pesisir ini.

Anak-anak tumbuh di tengah caci-maki. mereka sudah terbiasa nge-lem. Dan orang-orang dewasanya begitu dekat dengan judi dan minuman keras. Anak-anak banyak putus sekolah dan ekonomi orang tuanya yang pas-pasan sangat sulit mendapat akses pendidikan. Namun keadaan tersebut telah berubah sejak 3 tahun terakhir dengan berdirinya Ruang Baca TANAH OMBAK.

Perubahan itu dibangun oleh TANAH OMBAK dengan membangun karakter dengan mengenalkan dunia baca dan literasi kepada anak-anak berupa belajar mengurai proses kreatif lewat membaca, menggambar, dan berteater. Rumah baca ini membuka pintu untuk siapa pun terutama di kawasan Purus ini belajar literasi dan teater.

Salah satu kegiatan Ruang Baca Tanah Ombak yaitu meluncurkan Vespa Pustaka untuk menjangkau anak-anak di Kota Padang yang membutuhkan akses pendidikan lewat buku. Ada empat hal yang diajarkan di Tanah Ombak yaitu belajar pengetahuan, membaca, mengembangkan potensi dan kemandirian.

Beberapa prestasi yang telah diterima TANAH OMBAK di antaranya Anugerah Literasi Minangkabau 2016, Komunitas Terbaik I Sumatera Barat, Penampilan Terbaik pada Festival Teater Anak-anak Nasional 2014 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Prestasi teranyar, mereka menjadi Juara I Regional Sumatera dalam Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2016.

Narahubung Ruang Baca TANAH OMBAK

Alamat: Purus, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Provinsi: Sumatra Barat
Telepon: 0821-7218-4961

Ruang Baca TANAH OMBAK Membangun Karakter dan Mengenalkan Dunia BacaLiterasi
credit image @henry.pong.507

Tentang Penulis: Feni Efendi

Gambar Gravatar
Feni Efendi lahir 20 Juli 1984 di Tiakar Kota Payakumbuh. Menamatkan pendidikannya di SD N 06 Balai Nan Tuo Tiakar Payakumbuh (1997), SLTP Negeri 5 Payakumbuh (2000), SMK Taman Siswa Payakumbuh jurusan Elektronika Komunikasi (2003). Ia menulis catatan perjalanan, sejarah, puisi dan juga sebagai blogger, copywriter dan youtuber. Buku puisinya berjudul SELENDANG IBU PERDANA MENTERI dan buku catatan perjalanan sejarahnya berjudul JEJAK YANG TERLUPAKAN: Menyusuri Jejak Mr. Syafruddin Prawiranegara dalam Menjalankan PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) pada Masa Agresi Militer Kedua Belanda di Sumatera Tengah. Bukunya bisa dipesan melalui kontak WA 0812-6772-7161. Ia tinggal di Limapuluh Kota Sumatera Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.