Rumah Anak Sholeh Padang, Rumah Singgah Untuk Pengasuhan dan Pembinaan Anak-anak Kurang Beruntung

Rumah Anak Sholeh

credit image @rumahanaksholeh

TRAVESIA.CO.ID – Rumah Anak sholeh merupakan Rumah Singgah untuk pengasuhan dan pembinaan anak-anak kurang beruntung agar dapat membentuk konsep diri yang baik dan benar.

Latar Belakang

Oleh Murniati

Bermulai dari bongkar mainan anak yang sudah tidak terpakai. Mainan yang disayang-sayang karena bagus, harga lumayan mahal dan punya kenangan manis. Tiba-tiba muncul ide kenapa mainan ini tidak dimanfaatkan untuk menjadi sesuatu yang berguna, tidak hanya menjadi sekedar mainan lagi kalau dihibahkan kepada orang lain. Dan pastinya banyak orang tua lain yang menyimpan mainan-mainan kesayangan anaknya meski sudah tidak dipakai lagi karena alas an diatas. Termasuk buku-buku bagus untuk dibaca, masih indah untuk dipajang.

Ide untuk menjadikan mainan menjadi sesuatu yang bermanfaat inilah yang membuat beberapa alumni SMA 2 Padang untuk bertemu, rapat demi rapat sampai akhirnya muncul ide membuat rumah singgah yang berbeda. Rumah singgah yang mengutamakan pendidikan akhlak dan karakternya. Rumah Anak Sholeh.

Rumah Anak Sholeh (RAS) rencana awalnya akan didirikan di Jakarta saja. Tapi mengingat kita sebagian pengurus, adalah orang Minang yang merantau, dan sebagian pengurus lagi berdomisili di Padang, “kenapa tidak kita dirikan di kampung halaman saja?”.

Jadilah mulai berpikir mendirikan dengan prioritas utama di kota Padang. Pertimbangan pemilihan lokasi berdasarkan penilaian dan kebutuhan seberapa pentingnya Pembinaan akhlak dan karakter anak-anak di lokasi. Pertemuan demi pertemuan terjadi di Padang bersama teman-teman untuk mewujudkan ide ini. Adalah sebuah keindahan perjuangan, secara usaha tenaga, pemikiran dan juga hati dan dengan ijin ALLAH SWT akhirnya berdirilah RAS pertama di daerah pantai Purus Padang, pada tanggal 29 Oktober 2011.

Alhamdulillah, dengan niat baik, Allah mudahkan semua dan kita diberi kekuatan untuk tidak boleh mundur. Dengan segala keterbatasan baik dari dalam dan kendala dari luar, akhirnya berkat ijin ALLAH SWT berdirilah Rumah Anak Sholeh berikutnya. Rentang waktu 2 tahun semenjak berdirinya RAS pertama, sekarang telah berdiri 5 RAS, yaitu :

RAS 1

  • Alamat:  Jl. Rambai No. 18, Purus Baru

RAS 2

  • Alamat: Mesjid Nurul Hikmah
  • Jl. Kemayoran, Air Tawar Timur

RAS 3

  • Alamat: Musholla Nurul Hasannah
  • Jl. Kenanga Air Dingin, Lubuk Minturun

RAS 4

  • Alamat: Lapau Munggu, Kampung Manggu Guo Kuranji.
  • Berdiri pada tanggal 27 April 2013 dengan jumlah anak 50 orang

RAS 5

  • Alamat: Kampuang Pasei Jambak RT 02-RW 10, Kellurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Kota Tangah.
  • Berdiri pada tanggal 8 Februari 2014 dengan jumlah anak 95 orang

Mimpi kami, harapan kami adalah mendirikan RAS berikutnya sebanyak dan seberkualitas mungkin, dimana-mana. RAS yang diawali dengan ide sederhana, niat mulia, menjadi berarti bagi masyarakat dalam menyelamatkan masa depan anak-anak bangsa, melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang sholeh, berakhlak, berkarakter dan menjadi tauladan bagi masyarakat banyak.

Sekretariat

Rekening Yayasan

Bank Syariah Mandiri Cab. Padang. a.n. Yayasan Anak Sholeh 85
No. Rek : 7054765511 | Kode Bank : 45

Leave a reply "Rumah Anak Sholeh Padang, Rumah Singgah Untuk Pengasuhan dan Pembinaan Anak-anak Kurang Beruntung"