OTA MINANGKABAU #4, Profile Perempuan dalam Teks Sastra Pengarang Minangkabau

OTA MINANGKABAU #4, Profile Perempuan dalam Teks Sastra Pengarang Minangkabau

OTA MINANGKABAU #4, Profile Perempuan dalam Teks Sastra Pengarang Minangkabau

TRAVESIA.CO.ID – Jumat, 2 Agustus 2019, OTA MINANGKAU kembali hadir di tengah-tengah pemerhati seni dan budaya Sumatera Barat di Komunitas Seni INTRO Payakumbuh dengan pembicara Dr. Hermawan, M.Hum (Dosen STKIP Rokania, Kab. Rokan Hulu, Riau) dan moderator dipandu oleh Muhammad Subhan (Pegiat Literasi, pengarang novel Rumah di Tengah Sawah) serta pembawa acara oleh Della Nasution.

Dalam OTA MINANGKABAU #4 kali ini dengan tema Profile Perempuan dalam Teks Sastra Pengarang Minangkabau. Dalam diskusi yang berlangsung, narasumber mengetengahkan bahwa perempuan Minangkabau dalam teks sastra adalah perempuan idealis dan pragmatis. Idealis dalam menjaga nilai-nilai dan norma yang berlaku, pragmatis dalam menjaga keselamatan dan kepentingan keluarganya.

Di dalam makalah yang dihadirkan oleh narasumber mengetengahkan bahwa posisi perempuan Minangkabau adalah posisi dominan di dalam penyelenggaraan pendidikan dan penanaman nilai-nilai dalam keluarga. Di samping itu, peran perempuan Minangkabau sangat efektif di dalam membentuk karakter anggota keluarganya. Dan pendidikan ideal berdasarkan nilai dan norma Minangkabau adalah pendidikan yang dikelola secara bersama antara ibu, ayah, dan mamak. Namun pendidikan dalam wilayah domestik dikelola oleh sosok ibu. Dan pendidikan pengenalam wilayah publik dikelola oleh ayah dan mamak. Maka pondasi utama pengembangan diri perempuan Minangkabu adalah pendidikan di dalam keluarga.

Dari alur ota semalam, perempuan Minangkau hari ini kehilangan karakter lokalitasnya. Salah satu penyebabnya, ibu sebagai akar pembentuk karakter perempuan Minangkabau sudah mulai jarang bersentuhan dengan lokalitas budayanya.

Leave a reply "OTA MINANGKABAU #4, Profile Perempuan dalam Teks Sastra Pengarang Minangkabau"