Basmawati Haris dari Bulukumba, Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pitaloka

Basmawati Haris dari Bulukumba, Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pitaloka

Basmawati Haris dari Bulukumba, Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pitaloka (M. Yusuf Shandy)

TRAVESIA.CO.ID – Kamis (5/7) malam, nama Bulukumba kembali menggema di Ibukota, Jakarta, tepatnya di Teater Jakarta. Adalah Basmawati Haris, salah satu putra terbaik Bulukumba berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang literasi, yaitu Nugra Jasadharma Pitaloka, yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia.

Penerimaannya turut disaksikan langsung oleh Bupati Bulukumba, Kadis Perpustakaan dan Arsip Bulukumba, dan Ketua Penggerak PKK Bulukumba,

Perkenalan saya dengan Basma terjadi pada awal 2018 lalu, ketika kami di BAZNAS Kab. Bukukumba mendapat amanah menjakankan program Rumah Baca dan Rumah Bahasa sebagai salah satu program Zakat Community Develooment (ZCD) BAZNAS. Orangnya ulet, supel, inovatif dan pemberani. Orangnya pintar menyusun program kerja. Satu lagi, orangnya bekerja sesuai dengan target dan waktu, tak banyak alasan.

Dari penjelasan dan uraiannya saya mendapat info banyak soal perkembangan literasi di Bulukumba, di mana dia terlibat langsung dalam kerja-kerja pengembangan literasi di Bulukumba melalui Rumah Baca Phinisi yang berlokasi di sekitar Pasar Cekkeng Bulukumba.

Berbagai kreatifitas dan inovasi di bidang literasi terus dia lakukan. Saat seleksi calon staff BAZNAS Kab. Bulukumba beberapa konsep pembelajaran dan pendidikan bagi warga marjinal dia uraikan dengan baik. Uraiannya disertai dengan data. Itulah yang membuat saya memintanya untuk bergabung di BAZNAS Kab. Bulukumba sebagai PIC Progran Pendistribusian di bidang pendidikan.

Teruslah menginspirasi, tebarkan kebaikan. Karena, penghargaan terbaik akan selalu diraih oleh mereka yang gemar melakukan kebaikan dengan cara-cara terbaik. (M. Yusuf Shandy)

Leave a reply "Basmawati Haris dari Bulukumba, Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pitaloka"