Nova, Pegiat Literasi di TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

oleh -24 views
Nova, Pegiat Literasi di TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

TRAVESIA.CO.ID – Mengenal Lebih Dekat Dunia Literasi dari dalam Diri, agar Tidak disebut sebagai Generasi Kurba Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi pengelola perpustakaan kelurahan atau TBM se Kota Payakumbuh, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melaksanakan acara Sosialisasi Bagi Pengelola Perpustakaan Kelurahan, TBM, Lurah, Camat. Pada hari Selasa (22/10/19), bertempat di Bakinco Resto, Kel. Koto Tangah, Kec. Payakumbuh Barat. Acara di buka langsung oleh Kabid Perpustakaan.

Pemateri pertama di sampaikan oleh Nova, salah satu pegiat literasi dan pengelolah TBM yang di beri nama Hawari yang berdomisili di Payonibuang. Materi yang disampaikan sesuai permintaan dinas pustaka yaitu memotivasi dan menginspirasi para pengelolah perpustakaan dan TBM kelurahan. Sebagai pemateri berhadapan langsung dengan camat dan lurah dimana pemateri tinggal merupakan hal yang luar biasa, sehingga pencapaian dan keinginan sebagai warga bisa tersampaikan.

Menjadi pemateri di hadapan lurah, camat dan pengelola perpustakaan kelurahan atau TMB, suatu hal yang menantang, karena diharuskan untuk memberikan inovasi, kreasi dan semangat agar kedepannya setelah adanya sosialisi ini bisa bermanfaat bagi pengembangan Kota Payakumbuh.

Nova, Pegiat Literasi di TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

Saat adanya sesi tanya dari lurah dan camat serta pengelola, di sinilah pemateri membagi pengalaman selama mengurus TBM, suka duka dan komitmen atas apa yang telah dibuat. Begitu juga saat minimnya buku serta cara menarik pengunjung, maka pengenalan literasi lewat diri agar tidak disebut sebagai generasi kurba alis kurang baca.

Bila tidak ada buku, maka pengelola diberikan kesempatan untuk lebih bisa berimprofisasi atas apa yang telah diamanahkan. Membuka wawasan lewat alam takambang manjadi guru, mengenal karakter dan kebutuhan masyarakat dan juga sebagai infestasi jangka panjang.

Pemateri kedua disampaikan oleh Bunda Literasi Kota Payakumbuh Dr. Hj. Henny Riza Falepi, menyemangati lebih kurang 100 peserta dari kalangan Lurah, Camat dan pengelola.

Zaman sekarang kita bisa dibilang sebagai generasi kurang baca, sebab lebih dominan berliterasi dengan tontonan yang ada di televisi, serta yang ada dalam genggaman kita. Memang dunia saat ini bisa kita genggam lewat hp canggih, namun kembali lagi apakah yang kita tonton itu berpengaruh baik kah u tuk masa depan kita. Justru banuak sekali ketakutan dan kecemasan yang akan kita rasakan terutama pada anak kita semuanya.

Saat timbulnya sebuah pertanyaan bagaimana seharusnya lurah, camat dan pengelola untuk mengajak masyarakat akan cinta terhadap buku dan adanya kunjungan rutin ke pustaka, itu kembali lagi pada keseriusan dalam mengelolah TBM atau pustaka kelurahan, sebab selama ini kita belum mampu berinovasi untuk mencari ide dan langkah agar tampilan pustaka atau TBM bisa menjadi hal uang menarik untuk dikunjungi. Behitu juga buku, bila ada masyarakat yang membaca jangan pernah kita untuk menjadi penjaga buku, sebab bila buku rusak atau lecet nada suara kita lebih menghkawatirkan mereka yang berkunjung. Biarkan mereka membaca dan kita hanya mengarahkannya saja.

Nova, Pegiat Literasi di TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

Ada beberapa tips agar pihak lurah dan camat bisa bersinergi dengan masyarakat melalui: kegiatan infak buku kelurahan, adanya CSR dari masyarakat kusus untuk kegiatan perpustakaan, jadikan kegiatan ini sebagai infestasi jangka panjang, adanya sistim menggilirkan buku, memberikan penghargaan menjadi duta TBM yang dipilih dari semua kalangan tentu adanya komitmen yang terlihat dari daftar kunjungan, lalu adakan wisata baca, dan adanya lomba antar TBM sebagai lurah terbaik.

Terakhir Bunda Literasi menghimbau sambil menutup kegiatan mengatakan jauhi pencitraan, kerjalah yang nyata, tuntas dan ikhlas. Mari secara bersama kitamenguatkan peran TBM kelurahan agar literasi masyarakat berjalan dengan baik. Bila ada ikhtiar dan usaha inshaAllah ada jalan dalam mengupayakan peningkatan kecerdasan masyarakat.

Nova, Pegiat Literasi dan Pengelola TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.