Literasi Adat Dari Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh Padang

oleh -53 views
Literasi Adat Dari Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh Padang

Literasi Adat Dari Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh Padang

TRAVESIA.CO.ID – Dari masjid menuju rumah gadang atok ijuak yang telah berusia 100 tahun. Rumah ini adalah bukti nyata bahwa literasi adat itu dan masih lestari sampai sekarang. Sebelum kepunyaan ranah minang terenggut oleh kecanggihan teknologi, dan pengaruh yang tak terbendung lagi dari luar, apalagi tiada pedulinya generasi terhadap keindahan yang ada di tanah Minang. Maka dalam kegiatan ini AYPI mengajak untuk mengokohkan pondasi iman didada, dan teruslah belajar dan bersama-sama mencarikan solusi agar apa yang telah kita punya ini tak hilang begitu saja.

Walaupun sudah modern, kegiatan makan bajamba merupakan kegiatan yang tak akan bisa tergantikan dengan kegiatan makan lainnya. Lewat makan bajamba inilah khazanah literasi adat terlihat kental sekali, terjalinnya komunikasi antar peserta, pengurus, pembina dan tamu undangan. Sesekali terdengar petatah petitih yang membuat hati makin merindukan nuansa Minangkabau tempo dulu. Pangkat jabatan harta dan tahta telah mengikat persaudaraan ini dengan menyatukan visi dan misi yang sama. Para pakar hukum, pakar pendidikan, pakar ekonomi, pakar IT, pakar adat dan pakar ilmuan lainnya, menyerasikan budaya adat alam Minangkabau sebagai wadah untuk memajukan nilai-nilai agama dalam setiap lini kehidupan. Menyatukan kemampuan diri dan menciptakan strategi, dan menghadirkan keyakinan bahwa ranah Minang ini akan menjadi sentral untuk kemajuan beragama, berbudaya dan ekonomi.

Yang bisa ditiru dan di praktekkan langsung dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai penulis dan pengelola taman bacaan, merasa terhormat karena yang mengundang langsung adalah Bapak H.E. Afrizal Sinaro sebagai ketua pembina AYPI dari Jakarta. Berbicara tentang literasi adat, tentu tak akan bisa dipisahkan dari agama Islam. Falsafah Minangkabau Adaik Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Telah banyak mengatur tentang alur kehidupan masyarakat yang berada di Minangkabau.

Literasi Adat Dari Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh Padang

Literasi Adat Dari Rumah Gadang Atok Ijuak Alang Laweh Padang Sebagai pecinta adat dan budaya Minangkabau, tentu kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk menabah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) di hari Sabtu (26/10/19) bertempat di halaman masjid Nurul Iman mengadakan pelantikan dan workshop berkaitan tentang agenda kedepannya tentang dunia pendidikan Islam, Bank Infak dan perekonomian umat. Kehadiran pengelola TBM Hawari langsung di undang dari Jakarta oleh Bapak H.E. Afrizal Sinaro.

Berbicara tentang adat tak lepas dari peran utama nilai Islam. Sebab antara adat dan agama tak akan pernah terpisahkan, bila tak ada agama maka adat di Minangkabau tak berjalan bahkan tak akan mampu berdiri dengan kokoh sampai sekarang. Dari sudut pandang sebagai penulis dan pengelola taman bacaan kehadiran ditengah-tengah alim ulama dan praktisi pendidikan dari Malaysia merupakan anugerah yang tak bisa di nilai dari uang. Banyak informasi, pengalaman, prestasi dan harapan.

 

Nova, Pegiat Literasi dan Pengelola TBM Hawari Payonibuang, Payakumbuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.