Berguru di Negeri Jepang (Bagian 15)

oleh -15 views
Berguru di Negeri Jepang

Berguru di Negeri Jepang

Oleh Marjohan, M.Pd dan Sefrita Yenti

Strategi Orang Jepang Dengan Waktu

Bagaimana karakter orang Jepang dalam menghargai waktu ? Orang Jepang suka minum sake, aku lihat sake dibuat dari beras pulut hitam atau juga dari gandum. Rasanya seperti air tape. Minum sake kalau sedikit bisa jadi obat (kata orang Jepang) dan kalau banyak bisa mabuk. Kita harus tahu apa dan bagaimana hukum minum sake itu menurut agama Islam: halal apa haram ?

Orang Jepang suka membaca ? Ini aku saksikan ketika aku pergi berlibur ke Nagano- libur tahun baru. Selama dalam kereta mereka terlihat sibuk dengan diri mereka sendiri- mereka membaca dengan asyik. Dalam mobil aku juga melihat banyak yang membaca. Di dalam mall dan juga di restaurant juga tersedia tempat untuk membaca. Paling kurang mereka membaca komik. Berikut tentang keterangan gemar membaca orang Jepang:
1) Membaca Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca8

Seperti juga di Indonesia dan negara lainnya, anak dan remaja Jepang tidak membaca koran sesering orangtua mereka. Padahal di negara Jepang adalah salah satu negara yang termasuk penduduknya gila baca koran. Namun untuk mengatasi hal tersebut, sekelompok masyarakat Jepang berupaya menerbitkan Manga No Shimbun (koran Manga), sebuah situs surat kabar online yang mencakup berita-berita mingguan dalam bentuk komik (manga).

Semua cerita manga atau komik bergambar di situs ini adalah kejadian dan peristiwa sehari-hari yang benar terjadi baik di Jepang atau di dunia. Setiap gambar dan tulisan komik tersebut dibuat berdasarkan kejadian-kejadian nyata mulai dari politik, olahraga, sosial, budaya, atau peristiwa kriminal lainnya. Berita unik dari Indonesia tentang anak merokok sepuluh batang sehari juga sempat ditampilkannya.

Tujuan mulia dari Manga No Shimbun adalah untuk meningkatklan minat baca koran bagi anak dan remaja Jepang. Situs itu bertujuan untuk membuat anak-anak dan para remaja Jepang mengikuti perkembangan dunia, jangan cuma bisanya baca komik manga yang banyak beredar. Ternyata misi tersebut berhasil. Koran online berbentuk manga itu berhasil menarik simpati anak dan masyarakat Jepang.

Karena berhasil diminati masyarakat jepang, situs tersebut berkembang pesat. Manga No Shimbun telah mempekerjakan lebih dari 100 seniman manga untuk terus menampilkan cerita dan berita bergambar 10-15 kali sehari. Berbagai jenis dan variasi gambar yang ditampilkan. Ada bagian yang berwarna, hitam-putih atau yang non realistis.

2) Gila Baca Koran
Orang-orang Jepang dari dulu memang sudah terkenal gila membaca koran. Hal ini bisa ditunujukkan oleh penampilan surat kabar harian Yomiuri Shimbun, yang mempunyai jumlah sirkulasi lebih dari 14,000,000 eksemplar (10 kali lipat dari jumlah sirkulasi The New York Times).

Bagaimana pemanfaatan waktu orang Jepang ? Orang Jepang sangat disiplin waktu, aku lihat mereka sangat menghargai waktu, jalan pun mereka takut ketinggalan bis, cepet banget! Dan harusnya jika kita memiliki waktu luang gunakanlah untuk membaca, ini sebenernya banyak dilakukan masyarakat kita, yaitu maen hape! membaca sms lama, atau status facebook temen, tapi ini sangat sedikit mendatangkan ilmu baru. Mulai dari sekarang marilah kita tingkatkan penghargaan atas waktu, dengan cara bersyukur ke pada Tuhan. dan memanfaatkan waktu untuk menambah wawasan, salah satunya dengan membaca dan browsing di internet yang bermanfaat, semoga kita termasuk orang yg beruntung, “hari ini lebih baik dari hari kemarin”.

Marjohan, M.Pd, Guru SMA Negeri 3 Batusangkar, Program Pelayanan Keunggulan Kabupaten Tanah Datar. Sumatera Barat. Ia juga tercatat sebagai ―Peringkat 1 guru berprestasi tingkat nasional 2012‖ dan penerima Satyalencana Pendidikan dari Presiden RI. Aktif menulis pada koran Singgalang, Serambi Pos, Haluan dan Sripo (Sriwijaya Post). Telah menulis buku dengan judul ―School Healing- Menyembuhkan Problem Sekolah (Pustakan Insan Madani,2009- Yogyakarta)‖, ―Generasi Masa Depan- Memaksimalkan Potensi Diri Melalui Pendidikan (Bahtera Buku,2010-Yogyakarta)‖, Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Prancis (Diva Press, 2012- Yogyakarta), Akhirnya Kutaklukan Kampus Jerman (Diva Press, 2012- Yogyakarta), dan buku Budaya Alam Minangkabau (Citra Pustaka, 2012- Solo). Pengalaman Meraih Guru Berprestasi Nasional (Diva Press, 2012- Yogyakarta), dan Melbourne Memang Dahsyat.

Sefrita Yenti, Lahir tahun 1984 di Lintau- Batusangkar, Sumatera Barat. Pendidikannya di SMAN 1 Lintau- Kab. Tanah Datar dan melanjutkan pendidikan ke INGG Bukittinggi. Ia mendalami budaya dan bahasa Jepang, kemudian pernah bekerja di Perusahaan Thomson dan Pt. Nissin Kogyo, Batam. Ia mengikuti pelatihan magang ke Jepang melalui PT Yuko Tesa Mirai di Padang. Usai pelatihan ia bekerja di perusahaan Kabushiki Kaisha Chuuoo- Shikoku, Prefecture Kagawa, Kanonji Shi, Nakahime- Japan. Setelah 3 tahun ia balik ke Batusangkar- Sumatera Barat, kemudian mendirikan sekolah Bahasa Jepang,inggris dan Mandarin,jarimatika. dengan nama Chuoo Mandiri di Tanjung Karang, Propinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.