Inilah Potensi Pariwisata Bahari di Pulau Sumatera

oleh -72 views
Inilah Potensi Pariwisata Bahari di Pulau Sumatera

A. Potensi

Indonesia adalah negara yang hampir seluruh wilayahnya didominasi oleh lautan. Oleh karena itu Indonesia dijuliki negara maritim, tak hanya itu, Indonesia juga terkenal akan keindahan bawah lautnya. Begitu banyak spesies ikan dan trumbu karang yang hidup bebas di kawasan perairan Indonesia. Bahkan tak jarang, banyak juga ditemukan spesies-spesies langka yang dijumpai di lautan Indonesia.

Berbicara mengenai potensi bahari Indonesia, sebenarnya potensi Indonesia disektor bahari sangatlah bagus, hal ini didasari dengan banyaknya lautan yang ada dikawasan Indonesia, tak hanya lautnya saja, tapi juga biota yang ada di laut serta kekayaan dasar laut berupa minyak bumi banyak sekali terdapat di kawasan ini.

Namun pada kesempatan ini, saya akan membahas potensi pariwisata bahari yang ada di kawasan Sumatra, Indonesia. Saya akan memberikan contoh beberapa potensi pariwisata bagus yang dimiliki pulau sumatra ;

1. Tanjung Kiluan

Tanjung Kiluan bertempat di Desa Kiluan Negeri, Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Terletak di bagian paling selatan, jarak tempuh dari ibukota Bandar Lampung adalah 80 km. Teluk ini terkenal akan air lautnya yang jernih, serta hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai.Yang unik, teluk ini merupakan jalur migrasi hewan yang biasanya hanya bisa kita jumpai di Seaworld; yaitu lumba-lumba. Ada dua jenis lumba-lumba yang sering terlihat, yaitu lumba-lumba mulut botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Konon, jumlah lumba-lumba yang melintasi Teluk ini merupakan jumlah yang terbesar di dunia.

2. Pasir Selatan

Pasir Selatan bertempat di kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Pasir Selatan merupakan tanah yang indah mulai dari garis pantai yang panjang, teluk berair tenang dengan pulau-pulau kecil, air terjun yang mengalir lembut diantara celah-celah cadas, hutan dan hijau pegunungan. Pesisir Selatan memang gudang potensi pariwisata namun belum digarap maksimal. Di kawasan teluk Cubadak saja bisa dikemas 33 paket wisata mulai dari olahraga ski air, selam, memancing, para glading. panjat tebing, hingga olah raga golf, memungkinkan untuk dilakukan. Seorang investor asal Itali, dalam hal ini, telah menjadi perintis dengan membuka resort di sebuah Pulau bernama Cubadak, sekitar 10 menit dengan speedboat dari pantai Mandeh Carocok. Tak sekedar bertahan diterpa badai krisis bisnis pariwisata negeri ini, usaha pria asing ini malah berkembang dengan baik. Obyek Wisata ini menawarkan keindahan Pulau Cubadak yang berpasir putih dengan air laut yang tenang dan jernih dipadu dengan alam dan hutan hijau dan masih alami. Di sini telah tersedia fasilitas wisata dan kondisi alamnya memberikan ketenangan, kesejukan dan keheningan.

3. Pantai Way Hawang

Objek wisata Pantai Way Hawang di Desa Way Hawang dan Pantai Linau di tepi jalan lintas Bengkulu-Lampung yang memiliki pasir putih dan merupakan teluk sehingga airnya tenang dan bersih.Obyek wisata pantai ini terletak di Way Hawang antara Bintuhan dengan Merpas. Disamping pantainya yang indah disini terdapat Objek batu jung yaitu batu batu karang yang berbentuk seperti kapal/perahu ditepi pantai way hawang kecamatan maje kabupaten kaur.karang yang berbentuk seperti kapal/perahu ditepi pantai way hawang kecamatan maje kabupaten kaur.

B. Peluang

Setelah kita mengetahui potensi bahari yang dimiliki pulau sumatra, tentu saja kita berfikir bahwa peluang untuk mengembangkan potensi tersebut sangatlah besar dan cerah. Telah kita ketahui, banyak sekali pantai-pantai yang belum tereksplor secara menyeluruh dan belum banyak terekspos. Hal inilah yang menjadi titik terang kita bahwasannya peluang kita untuk meningkatkan mutu di bidang pariwisata bahari di Pulau Sumatra sangatlah bagus untuk di kerjakan. Dan peluang kita sebagai mahasiswa Ilmu Kelautan di bidang pariwisata bisa dibilang sangatlah bagus, karena selain kita mengetahui ilmu tentang kelautan itu sendiri, kita juga diajarkan untuk memenejemen suatu prospek dengan baik, sehingga sangatlah bagus untuk mahasiswa Ilmu Keautan berkecimpung di dunia pariwisata bahari.

C. Permasalahan

Masalah yang timbul ketika kita berbicara mengenai pariwisata adalah dana pengelolaan dan sumber daya manusia yang memahami bidang pariwisata serta perawatan objek wisata bahari. Sebagaiamana telah kita ketahui, untuk membangun atau membuat objek pariwisata dibutuhkan dana yang tidak sedikit dan juga sumber daya manusia yang tidak sembarangan. Yang menjadi masalah, untuk di Indonesia sendiri, sangat sulit mencari dana internal negara untuk membangun sebuah objek wisata, kebanyakan dari sebagian objek wisata Indonesia, mereka menjalin kerja sama dengan pihak asing untuk membangun objek wisata tersebut, sehingga menyebabkan orang asing yang mendapatkan untung lebih dilahan kita sendiri.

D. Tantangan

Tantangan kita sebagai mahasiswa Ilmu Kelautan adalah mencari solusi dan tindakan yang baik untuk mengatasi kekurangan yang ada dalam bidang pariwisata bahari di Pulau Sumatra. Sehingga nantinya, orang luar negeri tak hanya mengenal Pulau Bali saja, namun mereka juga akan mengenal Pulau Sumatra.

credit @miftahulfajry.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.