Berguru di Negeri Jepang (Bagian 17)

oleh -13 views
Berguru di Negeri Jepang

Berguru di Negeri Jepang

Oleh Marjohan, M.Pd dan Sefrita Yenti

Anime Terpopuler di Jepang

Anak- anak Jepang senang baca komik, orang tua juga sering membelikan komik buat cendera mata (oleh- oleh) buat anaknya. Beda dengan kebiasaan orang kita yang mana kalau memberi oleh- oleh cenderung dalam bentuk makanan- kue atau makanan atau malah dalam bentuk uang. Tokoh- tokoh komik Jepang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia seperti Naruto, Sinchan, One Piece, dan sebetulnya ada puluhan atau mungkin ratusan judul komik.

Selain komik yang juga digandrungi oleh anak- anak Jepang juga oleh anak-anak/ remaja Indonesia adalah anime10. Anime Jepang adalah animasi khas jepang yang dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pada beragam jenis penonton.

Beberapa anime popular yang digemari anak anak adalah sebagai berikut:

1) Naruto
Manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya. Ia termotivasi untuk belajar dan menjadi kuat dan mempunyai sesuat yang gelap dan jahat yang berada dalam tubuhnya. ―Iblis ekor sembilan‖ itulah nama kekutan gelap yang berada dalam tubuh naruto. Kekuatan jahat ini ditangkap oleh seorang kepala desa ketika Naruto masih bayi. Pemimpinnya adalah ayah Naruto dan kemudian meninggal setelah menyegel kekuatan tersebut, orang dari desa banyak yang menyalahkan Naruto atas kehilangan ini. Naruto memulain pencarian terhadap jati dirinya, berharap untuk menjadi pemimpin rakyat desa tersebut, yang disebut Hokage.

2) Bleach
Serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo, ia bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.

3) Afro Samurai
Dengan suara Samuel L. Jackson, Afro Samurai didasarkan pada novel grafis oleh Takashi Okazaki dan menceritakan kisah tentang seorang afro samurai hitam mengenakan berlebihan, yang memutuskan untuk membalas dendam atas kematian ayahnya jegomościu misterius yang disebut Hakim. Untuk membalas dendam ini, tentu saja harus menempuh perjalanan yang panjang, membuat teman dan musuh di sepanjang jalan. Afro Samurai harus mengatasi banyak musuh-musuh lama dan baru. Juga ingat masa lalu gelap nya.

4) Black Lagoon
Black Lagoon: The Second Dam adalah cerita berkelanjutan Perusahaan Lagoon dengan sekelompok tentara bayaran. Anime ini jelas merupakan suatu koleksi aneh dan menyeramkan jadi hati-hati, ini bukan anime untuk orang – orang yang penakut.

5) Hellsing
Manga ini adalah karya Kouta Hirano. Hellsing sendiri sebenarnya merupakan spin-off dari sebuah novel karya Bram Stoker yang berjudul Dracula. Jika dalam versi Bram Stoker dikisahkan sang Dracula diburu dan mati di tangan Quincey Morris, maka dalam versi Hellsing Kouta Hirano berusaha menceritakan mengenai apa yang seandainya akan terjadi apabila Dracula tidak dibunuh melainkan ditangkap oleh Organisasi Hellsing (van Helsing) dan target-nya ―vampir‖. Milenium, sebuah organisasi misterius yang mengkhususkan Nazi dalam menciptakan vampir buatan.

6) Fullmetal Alchemist
Adalah sebuah anime dan manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetall Alchemist. The Elric terdiri dari dua bersaudara – Edward dan Alphonse Elric – Fullmetal Alchemist membawa kita ke sebuah fiksi ilmiah yang fantastis di mana perjalanan tercapai mempelajari semua tentang prinsip-prinsip alkimia dan melihat langsung apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi.

7) MushiShi
Manga serial ini ditulis dan diilustrasikan oleh Yuki Urushibara, menceritakan tentang makhluk halus yang terdiri dari dan terhubung pada seluruh sumber kehidupan (Mushi). Setiap keberadaan mereka bisa memicu fenomena supranatural. Ginko adalah seorang Mushishi, orang yang menyelidiki dan menetralkan efek tidak baik dari mushi yang menjangkit. Karena Ginko berkelana dari satu kota ke kota yang lain untuk mempelajari lebih dalam mengenai Mushi tersebut dan membantu mereka-mereka yang terkenanya, kita jadi tahu takdir apa yang membawanya pada keadaannya yang sekarang.

8) One Piece
Sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah gomu-gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam. One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda.

Marjohan, M.Pd, Guru SMA Negeri 3 Batusangkar, Program Pelayanan Keunggulan Kabupaten Tanah Datar. Sumatera Barat. Ia juga tercatat sebagai ―Peringkat 1 guru berprestasi tingkat nasional 2012‖ dan penerima Satyalencana Pendidikan dari Presiden RI. Aktif menulis pada koran Singgalang, Serambi Pos, Haluan dan Sripo (Sriwijaya Post). Telah menulis buku dengan judul ―School Healing- Menyembuhkan Problem Sekolah (Pustakan Insan Madani,2009- Yogyakarta)‖, ―Generasi Masa Depan- Memaksimalkan Potensi Diri Melalui Pendidikan (Bahtera Buku,2010-Yogyakarta)‖, Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri Prancis (Diva Press, 2012- Yogyakarta), Akhirnya Kutaklukan Kampus Jerman (Diva Press, 2012- Yogyakarta), dan buku Budaya Alam Minangkabau (Citra Pustaka, 2012- Solo). Pengalaman Meraih Guru Berprestasi Nasional (Diva Press, 2012- Yogyakarta), dan Melbourne Memang Dahsyat.

Sefrita Yenti, Lahir tahun 1984 di Lintau- Batusangkar, Sumatera Barat. Pendidikannya di SMAN 1 Lintau- Kab. Tanah Datar dan melanjutkan pendidikan ke INGG Bukittinggi. Ia mendalami budaya dan bahasa Jepang, kemudian pernah bekerja di Perusahaan Thomson dan Pt. Nissin Kogyo, Batam. Ia mengikuti pelatihan magang ke Jepang melalui PT Yuko Tesa Mirai di Padang. Usai pelatihan ia bekerja di perusahaan Kabushiki Kaisha Chuuoo- Shikoku, Prefecture Kagawa, Kanonji Shi, Nakahime- Japan. Setelah 3 tahun ia balik ke Batusangkar- Sumatera Barat, kemudian mendirikan sekolah Bahasa Jepang,inggris dan Mandarin,jarimatika. dengan nama Chuoo Mandiri di Tanjung Karang, Propinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.