Sejumput Kisah Unik dan Rumit di Seputar Kehidupan Perdana Menteri

oleh -80 views
Perempuan-perempuan dengan kisah-kisah unik dan rumit di balik perjalanan perjuangan bangsa sebelum Republik Indonesia berdiri. (Foto: IST.)

TRAVESIA.CO.ID – Ada juga yang bertanya, sosok Ibu Perdana Menteri di buku puisi Feni Efendi itu bagaimana sih?

Feni Efendi, sang penulis, mengaku agak rada bingung menjawabnya, karena saat proses menulis buku puisi “Selendang Ibu Perdana Menteri” itu ia lakukan berbagai penelitian tentang masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Dalam penelitian itu, saya mendapatkan berbagai kisah yang sangat penting dan romantik, bahwa di belakang tokoh-tokoh Pendiri Republik ini, ada wanita-wanita penuh misteri yang membawa kesuksesan mereka,” ujar Feni, Rabu (13/11).

Misalnya, sebut Feni, ada Nyonya Maria yang menjadi istri pertama Perdana Menteri Sutan Syahrir. Ada juga Rahmi Rachim yang menjadi istri Perdana Menteri Mohammad Hatta.

Juga ada Ratu Wilhelmina dari Belanda yang terus mengukung Indonesia. Ada Tengku Halimah, istri Mr. Syafruddin Prawiranegara yang menjadi Presiden PDRI, serta Fatmawati Sukarno (bernama asli Fatimah) yang membuat Sukarno semakin berkharisma dengan selendangnya.

“Lalu saya berpikir, ternyata sehelai selendang juga bisa membuat sebuah negara menjadi merdeka, aman, damai dan tentram,” katanya berfilosofi.

Menurut Feni, kisah-kisah Perdana Menteri dengan Ibu Perdana Menteri juga sangat unik dan rumit namun telah memaksa Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka pada 27 Desember 1949 di Konfrensi Meja Bundar, Den Haag, Belanda.

Bagaimana kisah lengkapnya?

Sila dapatkan buku keren ini melalui pemesanan khusus di nomor WhatsApp 0812-6772-7161. (han/travesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.