Baca Puisi Pasaman 2019 Pintu Gerbang Kebangkitan Sastra dan Kepenulisan di Pasaman

oleh -152 views
BENTENG Pertahanan Tuanku Imam Bonjol, Pasaman. (Foto: Puja Islami)

TRAVESIA.CO.ID – Baca Puisi Pasaman 2019 menjadi sangat penting bagi pegiat sastra dan literasi di Pasaman.

“Ini menjadi pintu gerbang untuk bergeliat dan bergerak lebih di masa berikutnya,” ujar Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL) Pasaman, Arbi Tanjung, Ahad (8/12).

Agenda yang diselenggarakan di ujung tahun 2019 ini, membuka secara lebar kesempatan dan kekuatan untuk membangkitkan kesastraaan di tanah Tuanku Imam Bonjol.

Menindaklanjuti itu, mulai Januari 2020 mendatang, Forum Pegiat Literasi (FPL) Pasaman bersama komunitas seni dan sastra lainnya akan menyelenggarakan kegiatan bulanan dengan tajuk “Panggung Sastra Tuanku Imam Bonjol”.

“Ini bertujuan untuk memberi ruang ekspresi dan diskusi bagi pegiat sastra dan seni di Pasaman khususnya, dan tamu luar pada umumnya,” kata Arbi Tanjung yang juga Instruktur Sanggar Sastra Siswa Rumah Puisi Taufiq Ismail itu.

Panggung ini juga bertujuan menggairahkan sastra, kepenulisan, dan bidang seni lainnya bagi anak muda Pasaman. Kegiatan itu nantinya akan dipusatkan di tepian Batang Alahan Panjang (area Mega Wisata Bonjol).

Pemilik kawasan wisata itu, Ade, menginginkan area miliknya dapat dimanfaatkan banyak orang untuk kegiatan edukatif seperti Panggung Sastra Tuanku Imam Bonjol atau event sastra dan seni lain bertaraf lokal, nasional dan internasional.

Isi kegiatan bulanan yang sudah terjadwal sepanjang tahun 2020 di antaranya: Aksi Panggung Baca Puisi/Musikalisasi Puisi (Januari), Bincang sastra dan Workhsop Kepenulisan Muda Menulis, Muda Keliling Dunia bersama Muhammad De Putra (Februari), Pelatihan Menulis Cerita Anak bersama Wulan Mulya Pratiwi (Maret), Bumikan Buku, Bukukan Bumi di Tanah Para Tuanku (April) dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu kedua tiap bulannya. Rencananya, khusus bulan April dan Oktober adalah jadwal event skala nasional atau internasional,” tambahnya. (han/travesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.