Baca Puisi Pasaman Napaktilasi Jejak Sejarah Tuanku Imam Bonjol

oleh -273 views

TRAVESIA.CO.ID – Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, akhir tahun ini menjadi perbincangan banyak penyair di Tanah Air dan Asia Tenggara. Pasalnya, pada 27-29 Desember 2019 mendatang, lebih seratusan penyair Asia Tenggara akan baca puisi di titik garis Equator itu.

Perhelatan sastra akbar tersebut dihelat Forum Pegiat Literasi (FPL) Pasaman bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pasaman.

“Kawan-kawan penyair kami undang melalui proses kurasi puisi, dan yang lolos karya mereka kami bukukan,” kata Arbi Tanjung, Ketua FPL Pasaman di sela-sela persiapan kegiatan itu, Ahad (8/12).

Meski demikian, jelas Arbi, selain penyair terpilih melalui kurasi, penyair-penyair lainnya maupun pegiat literasi, baik di Sumatra Barat dan di Nusantara yang ingin bergabung di acara itu ia persilakan.

“Kami memberi ruang kepada siapa saja untuk menikmati puisi-puisi yang dibacakan di Bonjol. Sastra untuk siapa saja. Namun peserta yang ikut tetap harus konfirmasi ke panitia,” katanya.

Sejumlah kegiatan disiapkan di acara Baca Puisi Pasaman bersama Penyair Asia Tenggara. Penyambutan kedatangan peserta dimulai Jumat (27/12), dan di bandara panitia merencanakan menyiapkan angkutan penjemputan, meski sampai saat ini masih dalam proses penjajakan ke pihak terkait.

Setelah pembukaan acara pada Sabtu (28/12), kegiatan dimulai dengan napak tilas ke Objek Wisata Sejarah Meriam Tuanku Imam Bonjol, kemudian kunjungan ke Prasasti Ganggo Hilia dan Napak Tilas serta Baca Puisi di Bukit Tajadi, berlanjut Baca Puisi ke Kampung Tuanku Imam Bonjol, hingga sore dan malam Baca Puisi di Tugu Tuanku Imam Bonjol.

Sementara Ahad (29/12) dilangsungkan Diskusi Sastra dengan sejumlah narasumber bertajuk “Ekologi, Sastra dan Sejarah” dan diakhiri dengan lawatan ke Tungku Kipang Pulut, salah satu pusat kuliner khas Bonjol.

“Mari datangi Bonjol dengan puisi,” tambah Arbi Tanjung yang juga penulis dan pegiat literasi. (han/travesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.