Rumah Baca Darul Ilmi Taeh Bukik Adakan Pelatihan Menanam Bawang Merah dan Sayuran Daun

oleh -40 views
Rumah Baca Darul Ilmi Taeh Bukik Adakan Pelatihan Menanam Bawang Merah dan Sayuran Daun

Pelatihan penanaman bawang merah dan sayuran daun secara organik untuk optimalisasi pekarangan masyarakat di Rumah Baca Darul Ilmi, Nagari Taeh Bukik, Kec. Payakumbuh, Kab. Limapuluh Kota

TRAVESIA.CO.ID

Pelatihan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara rumah baca Darul Ilmi dan tim pengabdian masyarakat politeknik pertanian negeri payakumbuh program studi Budi Daya Tanaman Hortikultura kepada anggota KWT Simabur Jaya jorong Bukit Tapuang yang berjumlah 20 orang. Pelatihan yang dilaksanakan sejak bulan agustus sampai november 2019 ini bertujuan untuk membina masyarakat agar mampu mengoptimalkan fungsi pekarangan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dengan menanam aneka sayuran secara organik.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa 1) sosialisasi, 2) penyuluhan tentang cara membuat kompos dari limbah rumah tangga dan teknik bertanam sayuran di pekarangan, 3) praktek pembuatan kompos dan menanam bawang merah di dalam pot.

Harapannya setelah menerima materi pelatihan, anggota kelompok mau melaksanakannya dirumah masing -masing, sehingga untuk kebutuhan sayuran setiap hari mereka tidak membeli lagi dan bahkan bisa menjualnya. Kebutuhan terpenuhi dan perekonomian keluargapun meningkat.

Sayuran yang ditanam adalah bawang merah, Bayam dan Kangkung. Setiap anggota diberikan polibag, bibit bawang, benih Bayam dan Kangkung.

Diakhir kegiatan diadakan evaluasi dan penilaian terhadap anggota yang aktif dan yang sudah menanam di pekarangan masing-masing. Dari 20 anggota dipilih 3 terbaik dan diberi hadiah hiburan untuk memotivasi anggota yang lain. (Fe)

Rumah Baca Darul Ilmi Taeh Bukik Adakan Pelatihan Menanam Bawang Merah dan Sayuran Daun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.