“Surat Cinta Buat Tegar” Diserahkan Rektor UISU Kepada Menkes RI

oleh -35 views
Rektor UISU DR.Yanhar Jamaluddin, MAP (no 3 dari kanan) didampingi Umar Zein (no 2 dari kanan) dan dr. Indra Janis, MKT (no.4 dari kanan) menyerahkan VCD Film Pendek SCBT kepada Dijen P2P Anung Suhartono pada puncak peringatan Hari AIDS Sedunia di Bandung, 30 November 2019.

TRAVESIA.CO.ID – Bulan Maret 2019, buku novel TEGAR, karya Umar Zein, dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) telah dilaunching di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara saat ulang tahun Komite AIDS HKBP. Kemudian, pada Agustus 2019, TEGAR termasuk dalam delapan novel pilihan pada Festival Sastra Bengkulu yang berkisah tentang seorang Balita yatim piatu pengidap AIDS bernama Tegar, diusir dari kampungnya dan tidak ada unit kesehatan yang bersedia merawatnya, dan akhirnya terdampar di sebuah rumah sakit di Medan dan mendapat perawatan seorang dokter. Anak itu hingga sekarang masih masih hidup.

Sebenarnya ini kisah nyata dan sedikit difiksikan oleh penulis. Penulisan novel ini disambut baik oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr. Wiendra Woworuntu, M.Kes dan menuliskan komentarnya pada novel tersebut, serta sambutan dari Ephorus HKBP DR. Darwin Lumbantobing. Selanjutnya, Roy Julian sutradara Jakarta terinspirasi membuat sebuah film pendek dari kisah di novel TEGAR ini dengan judul: SURAT CINTA BUAT TEGAR (SCBT). Pembuatan film pendek ini didukung oleh Dekan Fakultas Kedokteran UISU dr.Indra Janis, MKT serta Rektor UISU DR.Yanhar Jamaluddin, MAP.

Setelah film ini dilaunching pada tanggal 25 November 2019, Rektor UISU menilai bahwa film pendek ini bermuatan promosi kesehatan untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pengidap HIV/AIDS di Indonesia dan menyerahkan VCD SCBT kepada Menteri Kesehatan RI pada acara peringatan Hari AIDS Sedunia yang dilaksanakan di Lapangan Gazeebo Bandung tanggal 30 November 2019 dan diterima langsung oleh Dirjen P2P Kemenkes RI Anung Sugihantono.

Usai penyerahan film pendek berupa VCD itu, Rektor UISU berharap, film pendek tersebut bisa menjadi media edukasi ke seluruh masyarakat Indonesia untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS.

“UISU mengambil peran ikut peduli mengurangi epidemik penyebaran HIV/AIDS atau dengan kata lain, UISU harus menjadi kampus peduli HIV/AIDS,” ujar Rektor.

Selain itu, timpal Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT: “Hadirnya film pendek produksi FK UISU bekerjasama dengan Swarnadwipa Production pimpinan Dini Usman kiranya dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak untuk bersama-sama mewujudkan 3 Zero, yakni tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi,” harap Indra.

Umar Zein, sang penulis merasa bangga karena menggunakan karya sastra untuk promosi kesehatan ternyata lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia yang masih banyak beranggapan bahwa AIDS itu belum ada obatnya.

Rektor UISU DR.Yanhar Jamaluddin, MAP (no 3 dari kanan) didampingi Umar Zein (no 2 dari kanan) dan dr. Indra Janis, MKT (no.4 dari kanan) menyerahkan VCD Film Pendek SCBT kepada Dijen P2P Anung Suhartono pada puncak peringatan Hari AIDS Sedunia di Bandung, 30 November 2019.

Penulis Novel TEGAR, Umar Zein

Penulis Novel TEGAR, Umar Zein

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.