Dharminta: “Musik Digital Mempermudah Kerja Pegiat Teater”

oleh -136 views
Dharminta: “Musik Digital Mempermudah Kerja Pegiat Teater” 1
WORKSHOP Musik Digital bersama Narasumber Dr. Dharmita Soeryana, M.Sn., di Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang, Ahad (15/12). (Foto: IST.)

TRAVESIA.CO.ID — Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang menggelar Workshop Musik Digital dengan mengundang Narasumber Dr. Dharminta Soeryana, M.Sn., Ahad (15/12).

Musik digital mempermudah manusia untuk kerja. Musik ada tiga, musik analog, digital dan akuistik.

“Jadi sistem kerja akuistik tidak menggunakan elektronik. Sedangkan analog menggunakan elektronik, sementara digital menggunakan sistem mulimedia,” ujar Doktor Pengkajian Teater, Dosen Seni Teater ISI Padangpanjang itu.

Menurut Dharminta, musik digital memiliki kelebihan dalam memudahkan kerja, yakni efisien dengan waktu, dana dan sumber daya manusia karena semuanya dikerjakan melalui komputerisasi. Namun mempunyai kelemahannya karena sistem komputerisasi musik yang telah dibuat emosianalnya tidak dapat berubah sementara aktor mungkin setiap saat berubah emosionalnya.

“Selain itu tergantung dengan listrik, jika listrik mati tentu tidak dapat berproses,” papar Sutradara Teater ini.

Pendiri Komunitas Seni Kuflet, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn., mengatakan, kegiatan di Kuflet itu dilaksanakan setiap Ahad, pesertanya tidak hanya anggota Kuflet, tetapi mahasiswa Teater, Musik, Kriya, dan DKV ISI Padangpanjang.

“Ada juga mahasiswa FKIP Muhammadiyah UMSB Padangpanjang. Ini tentu agar seluruh anggota Kuflet dapat membuat musik teater. Jika ada penggarapan teater tidak perlu meminta orang di luar Kuflet menjadi Penata Musik,” tuturnya.

Salah seorang peserta, Variza Oktavia, mengatakan, belajar musik sangatlah menyenangkan. Pemateri setelah memberikan ilmu secara teoritik langsung mengajarkan praktik bagaimana tekhnis membuat musik teater.

“Cara pemateri mentrasfer ilmunya sangat mudah kami pahami sehingga dapat kami praktikkan,” ujarnya. (wildan/kuflet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.