Forum Anak Kota Pekanbaru Luncurkan Buku “Berlian dari Surga”

oleh -214 views
Forum Anak Kota Pekanbaru Luncurkan Buku “Berlian dari Surga” 1
Forum Anak Kota Pekanbaru. (Foto: IST.)

TRAVESIA.CO.ID – Memeriahkan Hari Anak Nasional Tahun 2019, Selasa (17/12), Forum Anak Kota Pekanbaru, Riau, meluncurkan buku “Berlian dari Surga”.

Buku Antologi Cerpen, Puisi dan Syair itu, merupakan Karya Anak-Anak dan Remaja Riau. Buku itu diterbitkan Salmah Publishing, sebuah penerbitan independen di Pekanbaru.

“Peluncuran buku ini simbolis saja, sebab nanti ada diskusi buku yang akan digelar Forum Anak di awal tahun 2020,” ujar Hananni, Sekretaris Forum Anak Kota Pekanbaru Periode 2017-2019, Senin (16/12).

Penerbitan buku itu hasil kerjasama Forum Anak Kota Pekanbaru didukung Sanggar Seni Forum Anak Kota Pekanbaru, e-learning Forum Anak Kota Pekanbaru didukung Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Pekanbaru.

“Forum Anak ini di bawah binaan DPPPA, dan buku ini merupakan inovasi dari Divisi Seni dan Bakat Forum Anak Kota Pekanbaru. Buku ini digagas Forum Anak Kota Pekanbaru Periode 2017-2019, tapi baru terealisasi di Periode 2019-2021,” jelas Hananni.

Buku “Berlian dari Surga” mendapat sejumlah sambutan dari penulis-penulis Riau, di antaranya penyair muda Riau berbakat, Muhammad De Putra.

“Membaca buku ini kita seperti dihadapi tamparan kuat dari luapan emosi generasi muda kepada orang tua, tanah ulayatnya dan Indonesia. Buku yang berhasil mengajak kita merenung, tanpa harus menyimpulkan,” kata Muhammad de Putra yang baru-baru ini berkeliling Eropa atas prestasi menulisnya.Forum Anak Kota Pekanbaru Luncurkan Buku “Berlian dari Surga” 2

Sementara menurut Presiden Penyair Perempuan Indonesia, Kunni Masrohanti, karya-karya di buku ini berwarna. Ada tumpukan keinginan, harapan, mimpi, kisah perjalanan masa kecil, hingga imaji bebas, tinggi, seorang remaja yang termaktub pada baris puisi dan cerpen dalam buku ini. Sebagian fakta, sebagian hasil olah pikir dan rasa layaknya seorang anak manusia.

“Rasa sedih, bahagia, kecewa bahkan gurat bimbang melompat dalam diksi-diksi yang padat. Sungguh, garis-garis warna bunyian jiwa seorang anak remaja begitu kental terasa ketika mereka memasuki gerbang masa yang baru: dewasa,” kata Penerima Anugerah Sagang 2019 itu.

Sementara menurut Bambang Kariyawan Ys, Penulis Novel “Catatan Ayat Lelaki Ar-Rahman”, buku “Berlian Surga” berisi tentang tangkapan fenomena dengan cara dan bahasa anak-anak milineal. Bicara tentang harapan, semangat, sayang, dan keprihatinan serta berbincang tentang sosok “perempuan”.

“Berlian surga itu dalam bahasa penulis bermuara pada sosok seorang perempuan yang bernama Ibu,” tambah Penerima Penghargaan Acarya Sastra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu. (nah/travesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.