5 Tujuan Wisata Budaya di Indonesia yang Patut Kamu Kunjungi

oleh -47 views
5 Tujuan Wisata Budaya di Indonesia yang Patut Kamu Kunjungi

TRAVESIA.CO.ID – Apa yang biasa kamu lakukan selama liburan? Hunting objek wisata kece untuk foto-foto ngehits cobain kuliner favorit atau berburu oleh-oleh khas daerah yang kamu kunjungi? Saatnya kamu mencoba hal baru agar liburanmu tidak “itu-itu saja”.

Sembari menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa liburan sambil belajar budaya di sana! Indonesia terkenal kaya akan nilai adat dan istiadatnya, sayang banget kan kalau sampai dilewatkan. Budaya apa aja sih yang bisa kamu pelajari saat berwisata? Yuk, simak objek wisata yang kaya akan budaya berikut ini!

1. Masyarakat Bromo punya upacara mirip Thanksgiving, lho! Namanya Upacara Kasada

Mengunjungi objek wisata yang terkenal di provinsi Jawa Timur ini bukan hanya sekedar menikmati keindahan Gunung Bromo saja. Ketika kamu berkunjung saat bulan purnama tampak di langit, kamu juga dapat menyaksikan kebudayaan Suku Tengger yang sedang melakukan Upacara Kasada.

Upacara ini sangat unik dan menarik perhatian pada wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Para masyarakat Suku Tengger akan melemparkan hasil bumi dan ternak mereka ke dalam mulut kawah Gunung Bromo. Hasil bumi seperti sayuran, buah-buahan serta ternak terbaik adalah persembahan yang mereka siapkan. Upacara Kasada ini merupakan bentuk ucapan syukur atas berkat yang telah diterima oleh Suku Tengger. Mirip Thanksgiving, ya. Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu bersyukur hari ini?

2. Familiar dengan ulos dan tor-tor? Keduanya bisa kamu temukan di daerah Toba, Sumatera Utara

Berencana liburan ke Danau Toba? Di sana, kamu bisa menyaksikan keajaiban dunia, di mana ada sebuah pulau di dalam danau! Pulau Samosir namanya. Jadi di dalam pulau Sumatera ada pulau lagi! Keren banget, ya. Danaunya juga sangat indah dan memukau.

Selain keindahan alamnya, kamu juga bisa melihat kekayaan budaya Indonesia dari masyarakat Suku Batak. Ada ulos, kain tenun khas tanah Batak yang melegenda, serta Tari tor-tor yang sudah mendunia. Kalau mengunjungi pulau Samosir, kamu boleh ikut manortor (menari tor-tor) sambil menggunakan ulos bersama warga sekitar. Seru, ya!

3. Terpukau oleh Tari Ratoeh Jaroe dan Tari Saman yang sangat serentak oleh masyarakat Aceh

Masih ingat dengan tarian yang dibawakan saat Opening Asian Games 2018 yang lalu? Namanya Tari Jaroeh Taroe. Tari kreasi asal Aceh ini terlihat sangat menakjubkan saat dibawakan oleh 1500 penampil dari 20 Sekolah Menengah Atas di Jakarta.

Beda halnya dengan tari Saman, tari Jaroeh Taroe di Aceh identik dengan perempuan sedangkan tari Saman identik dengan laki-laki. Tari Jaroeh Taroe juga diiringi dengan musik Rapa’i, sedangkan tari Saman masih sangat tradisional, murni hanya diiringi dengan tepukan tangan, tepukan dada dan syair. Jadi banyak tahu, kan?

Makanya, saat berwisata ke Aceh jangan hanya menikmati keindahan pantai-pantainya saja, ya. Walau ada Pantai Iboih, Pantai Rubiah, Pantai Pantai Lhok Me yang indah, kamu wajib melihat wisata budaya masyarakat Aceh yang pastinya bisa bikin kamu terpesona!

4. Kunjungi Uluwatu, Bali dan saksikan Tari Kecak berlatar sunset

Melihat matahari tenggelam dari sebuah tebing saja sudah sangat indah, apalagi sambil menyaksikan Tari Kecak yang keren, liburanmu di Bali bakal makin berkesan! Kamu bisa berkunjung ke Pura Uluwatu dan membeli tiket pertunjukan untuk jam 6 sore.

Tarian ini menampilkan cerita rakyat masa kuno. Sembari pemeran utama menari, belasan bahkan puluhan penari yang mengitari panggung akan mengeluarkan suara “cak…cak…cak…”. Tak lupa semburan api menjadikan pertunjukan ini terkesan magis namun tetap memukau. Tapi tenang, pertunjukan ini tidak berbahaya, kok. Para pemeran dan penari sudah terlatih dan profesional.

5. Berlibur ke Jogja, jangan lupa belajar bikin batik cantik dengan canting

Saat jalan-jalan di Jogja, kamu bisa menikmati suasana pantai yang indah, mencicipi kuliner yang sangat lezat, juga bisa liburan sambil belajar budaya. Kalau sebelumnya kita berbicara tentang tari-tarian, di Jogja juga banyak tarian, tapi yang tak kalah menarik adalah belajar membuat batik.

Jogja punya banyak tempat untuk belajar membatik, salah satunya adalah Kampung Batik Giriloyo, Wukisari, Imogiri. Di sini, kamu akan diajarkan cara untuk membatik secara tradisional menggunakan canting. Sebagai salah satu budaya yang sudah diakui UNESCO pada 2009 lalu, kamu patut bangga bisa belajar membuat batik asli Indonesia. Nah, itulah tadi 5 daerah wisata yang merepresentasikan kekayaan budaya Indonesia. Bukan hanya ke-5 daerah ini saja, lho, semua destinasi wisata Indonesia punya kebudayaannya masing-masing yang bisa kamu pelajari.

copyright @blog.airyrooms.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.